Lebaran Bersama Rekan Wartawan

Sudah menjadi tradisi masyarakat di negeri ini, setiap perayaan Hari Raya Idul Fitri, diramaikan dengan tradisi kunjungan ke rumah sanak famili dan rekan-rekan sejawat. Tidak cukup pada hari pertama, kedua, ketiga dan ketujuh, bahkan sampai satu bulan penuh dimeriahkan dengan kegiatan silaturahmi.

Tidak hanya sekedar bercerita dan bekelakar, dalan acara kunjung mengunjung itu, tentu tak lepas dengan acara makan-makan. Suasana itu tentu menambah keberkahan dan kenikmatan bagi si tamu maupun tuan rumah.

Seperti halnya, kegiatan Open House Selasa (4/7/2017) di rumah Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Perwakilan Bengkalis, Usman di Jalan Antara atau tepatnya di seberang parit Wisma Daerah Sri Mahkota, Bengkalis. Itu.....tuu... rumah dinas Bupati Bengkalis.

Sekitar pukul 11.30 WIB, saya tiba di rumah mantan Redaktur Olahraga Harian Riau Mandiri ini. Ternyata di rumah suami Lindawati ini, sudah berkumpul kawan-kawan jurnalis, baik itu dari itu media harian dan online. Seperti Evi Suryati (Riau Pos), Zulkarnaen (Metro Riau), Taufik (Dumai Pos), Ismail (GoRiau), Agus Setiawan (BengkalisOne), M Natsir (Tribune Pekanbaru), Didik Purwanto (Riau Terkini), TSM Iqbal, M Fiza dan Syahrizan (RRI Bengkalis).

Karena sudah waktunya makan siang, tanpa menunggu lama, Kak Evi Suryati cs mengajak kami untuk langsung menikmati juadah makanan yang di siapkan oleh isteri Usman. Memang luar biasa. Mulai jengkol, ikan gerot, ayam dan udang tersedia. Tinggal memilihnya saja.

Maknyuss.., ternyata benar dugaan kami, hidangan yang disajikan benar-benar nikmat. Entah karena lapar atau memang doyaaan. Serius..., pokoknya betol-betol nikmat.

Tak hanya dari kalangan wartawan. Pada open house di kediaman Ketua PWI, hadir teman-teman dari Humas Setda Bengkalis, Indra, Doni Afzan, Babam Suryaman dan M Iqbal. Kemudian dari Pengurus Koni Kabupaten Bengkalis, Saukani dan kawan-kawan (sebagian memang tak kenal namonyo).

Makna yang dapat dipetik dari Open House ala Ketua PWI kemarin adalah silaturahmi. Terlebih masih dalam momentum Hari Raya Idul Fitri, merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk bersilaturahmi sekaligus saling bermaafan antar satu dengan yang lain.

Silaturahmi, merupakan hal yang sangat vital untuk mengokohkan persaudaraan, sekaligus melapangkan reziki. Hal ini sesuai dengan hadis rasullah. Barang siapa yang ingin dilapangkan rizkinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah ia menyambung tali silaturahmi.

Bahkan melalui silaturahmi akan dipanjangkan umur kita. Amin ya rabbal alamin. Hal ini sesuai hadis Nabi Muhammad SAW. “Barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi, maka ajalnya akan diundur, hartanya akan diperbanyak, dan akan dicintai oleh keluarganya.”


Tim Redaksi

Opini Lainnya

Tulis Komentar