Catatan Kecil:

DI BALIK PERUBAHAN “WAJAH” LAMAN WEBSITE DISKOMINFOTIK

DI PENGHUJUNG Bulan Kemerdekaan 2019, setidaknya sejak kemarin, Jum'at, 30 Agustus 2019, ada yang berubah di “wajah” laman website Diskominfotik Kabupaten Bengkalis.

Karena tak pernah menginstruksikannya dan tak juga diberi tahu, tentu kami terkejut dibuatnya. Apalagi perubahan tampilan itu sangat drastis dan hampir total. Pangling kami dibuatnya.

Tapi itulah hidup. Untuk sesuatu yang lebih baik memang tak harus menunggu ada tunjuk tangan yang memerintah baru kita berbuat. Harus ada inisiatif. Karena hidup memang bukan sebuah pahat yang harus senantiasa dipukul.

Hidup memang harus berubah. Mesti hijrah ke sesuatu yang lebih elok. Sebab tak pernah akan ada sukses bila kita jalan di tempat. Tak ada perubahan dalam sikap dan tindakan.

“Jika seseorang yang ingin sukses namun tidak ada perubahan dalam tindakannya, maka dia bisa didefinisikan sebagai orang gila,” begitu kata Christian Andrianto, seorang motivator Indonesia.

Kemajuan dan perubahan adalah dua sisi mata uang. Tak bisa dipisahkan. Mereka yang tak bisa mengubah pola pikirnya hanya akan terjebak dalam dan berada di lorong keinginan yang panjang nan gelap. Tak akan bisa mengubah apapun. 

Kehidupan ini adalah milik mereka yang hidup. Bukan mereka yang jasadnya sudah berkalang tanah. Mereka yang hidup tentu harus senantiasa selalu siap dalam menghadapi perubahan. Bila menghindar jauh tak mau, maka ianya tak ubahnya hanya bangkai yang berjalan.

Perubahan itu adalah kebahagiaan yang manis. Orang yang takut dengan perubahan, maka sampaikan kapan pun ia tidak akan tahu arti manisnya kehidupan dan arti sebuah kebahagiaan yang sesungguhnya.

Perubahan merupakan sinonim dari kata berkembang dan kemauan untuk belajar. Siapa pun kita bisa melakukannya jika berkehendak dan bertindak. Maka, belajar dan teruslah belajar. Long life education.

Perubahan tak akan pernah ada jika tak dalam diri kita tak tertanam sebiji pun rasa ketidakpuasan. Karena perubahan memang selalu lahir dari rasa ketidakpuasan. Dari iri yang membangun. Bukan dari iri yang menghasut, dari iri yang meruntuhkan.

Terima kasih untuk teman-teman sejawat di Bidang Sumber Daya Komunikasi dan Informatika yang telah menginisiasi dan membuat laman website Diskominfotik berubah menjadi lebih menarik. 

Semoga perubahan yang dilakukan di penghujung Bulan Kemerdekaan 2019 dan menjelang awal tahun baru Hijriyah 1441 H ini, menjadikan kita semua insan-isan yang senantiasa berubah ke arah kebaikan yang berkesinambungan.

Dengan semangat Bulan Kemerdekaan 2019 yang tinggal dalam hitungan jam dan awal tahun baru Islam 1441 yang juga sudah di depan pelupuk mata, mari kita jadikan diri kita sebagai agent of change, walau hanya bisa berkontribusi sebesar biji dzarrah demi kebaikan dan kemajuan negeri ini.

Tak mengapa dan itu jangan dipersoalkan, meskipun tetap ada orang yang akan mempermasalahkannya. Karena garis yang lurus itu dibentuk dari kumpulan titik-titik yang menyatu. Maka jadilah sebuah titik.

Mari sama-sama kita bangun dan terus bangun serta tingkatkan kualitasnya, agar laman website Diskominfotik Kabupaten Bengkalis ini kian hari semakin dicintai. Informasinya kian dinanti dimana pun pembacanya duduk berdiri. Bertambah mendekatkan mereka dengan kita, kita dengan mereka,  meskipun hanya lewat sentuhan jari-jemari.

Bersama kita bisa dan kita bisa bersama.

Sukses selalu untuk kita semua. Aamiin ya rabbal alamin!

Selamat tahun baru Hijriyah 1441 H. *****


Opini Lainnya

Tulis Komentar