Meriah, Parade Atraksi Budaya Warnai Pembukaan Porseni IGTKI PGRI Se-Riau

Teks foto: Bupati Kasmarni bersama tamu undangan lainnya melambaikan tangan saat penampilan parade budaya sempena Porseni IGTKI PGRI Se-Provinsi Riau

BENGKALIS - Pembukaan Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) dan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke-2 tingkat Provinsi Riau yang digelar di Kabupaten Bengkalis berlangsung meriah, Selasa 28 Mei 2024.

Tamu undangan beserta masyarakat disuguhkan atraksi memukau parade yang menampilkan kekayaan budaya dari 12 kontingen kabupaten/kota se-Riau.

Decak kagum serta ucapan semangat terus-terusan dilontarkan Bunda Paud Provinsi Riau Hj Adrias Hariyanto dan Bupati Kasmarni serta tamu undangan lainnya.

Pertama tampil, Kabupaten Bengkalis unjuk bakat dengan menampilkan prosesi adat pernikahan Melayu. Tampak diatas panggung, Bupati Kasmarni bersama Wabup Dr H Bagus Santoso melambaikan tangan.

Dilanjutkan, parade budaya Kabupaten Siak. Urutan ketiga Indragiri Hilir yang menampilkan berbagai khasanah budaya yang terinspirasi dari pohon kelapa.

Tampil keempat, Meranti menampilkan tarian khas Meranti sekaligus membawa tual sagu.

Penampilan selanjutnya Kampar membawa tradisi gotong royong yang bisa dilakukan masyarakat Kampar masa lampau.

Usai Kampar dilanjutkan Rokan Hulu. Aura mistis terasa saat peserta parade membawakan budaya lukah gilo. Alat penangkap ikan seperti bubu itu menjadi bergerak liar sehingga membuat pontang-panting orang yang memegangnya.

Kontingen selanjutnya Kota Dumai disusul Kuantan Singingi. Banyak atraksi yang dibawakan Kuansing. Seperti kebiasaan mengolah beras sebelum dimasak, sasampek, randai dan lain sebagainya.

Selanjutnya Pelalawan yang menampilkan tarian khas daerah asal. Dilanjutkan Rokan Hilir, salah satu atraksi Rohil yang mencuri perhatian adalah kemampuan ibu-ibu menangkap kepiting secara cepat dan aman.

Disusul Pekanbaru yang membawakan tarian dan kontingen terakhir yang tampil adalah Indragiri Hulu.

Sebelumnya, kegiatan yang dipusatkan di Lapangan Tugu Bengkalis itu juga menampilkan tarian persembahan yang melibatkan sedikitnya 500 anak-anak TK. #DISKOMINFOTIK