Forum Anak Bengkalis Raih Penghargaan Terbaik Kategori PA- Pro P Dafa Award Riau Tahun 2024

BENGKALIS - Forum Anak Kabupaten Bengkalis meraih penghargaan kategori 1 Forum Anak Partisipasi Anak dalam Proses Pembangunan (PA-Pro P) terbaik tingkat Provinsi Riau.

Penghargaan PA- Pro P ini diterima Forum Anak Kabupaten Bengkalis dalam ajang Dafa Award Riau Tahun 2024, yang digelar sempena puncak perayaan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Riau, di Gedung Daerah Balai Serindit Gubernuran Riau. Kamis, 15 Agustus 2024. 

Dafa Award adalah ajang paling bergengsi yang dilaksanakan setiap tahun dalam rangka memberikan apresiasi kepada Forum Anak yang menjalankan fungsi dan perannya dengan baik, memberikan motivasi dalam meningkatkan kreatifitas serta evaluasi kegiatan dan kreatifitas Forum Anak.

Ada tiga kategori penghargaan yang diberikan, pertama Forum Anak PA-Pro P terbaik, kedua Forum Anak 2P terbaik yaitu peran Forum Anak sebagai Pelopor dan Pelapor, ketiga Forum Anak Kolaboratif.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis Emilda Susanti mengungkapkan, penghargaan yang diperoleh Forum Anak ini tidak terlepas dari komitmen Pemkab Bengkalis yang selalu mengikutsertakan Forum Anak desa/kelurahan, kecamatan dan kabupaten untuk ikut dalam setiap proses pembangunan. 

“Forum Anak Kabupaten Bengkalis sudah diikutkan dalam Forum Perangkat Daerah  Pembahasan Rancangan Awal Rencana Kerja, Forum Konsultasi Publik Penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD), Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan RKPD dan Musrenbang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD),”ungkap Emilda.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Kabupaten Bengkalis yang juga Pendamping Forum Anak menjelaskan, tidak hanya di kabupaten saja Forum Anak dilibatkan dalam Musrenbang tetapi Forum Anak kecamatan juga diikutkan dalam Musrenbang di kecamatannya.

"Sejak tahun 2020 Forum Anak Kecamatan di Kabupaten Bengkalis sudah mulai dilibatkan dalam Musrenbang. Tahun 2021 seluruh Forum Anak Kecamatan sudah seluruhnya di libatkan dalam Musrenbang di kecamatan hingga sekarang. Harapa kami kedepan semua yang telah diusulkan anak dapat dipertimbangkan dan diakomodir," ungkap Fitrianita.

Fitrianita juga mengucapkan terima kasih kepada kepala desa, lurah, camat, Kepala Badan Perencanaan Daerah Kabupaten Bengkalis dan kepala perangkat daerah terkait yang senantiasa memfasilitasi partisipasi anak dalam proses pembangunan.#DISKOMINFOTIK