Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis Gelar Workshop Peningkatan SDM Melalui Pengolahan Ampas Tahu Menjadi Kerupuk

BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Bengkalis menggelar workshop peningkatan SDM melalui pengolahan ampas tahu menjadi kerupuk. Dilaksanakan Selasa,15 Agustus 2023 di Aula Kantor Desa Bantan Tengah. 

Workshop yang diikuti oleh pelaku UKM dan Pengrajin ini juga dihadiri oleh Petugas Pendamping UKM Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bengkalis, Dosen Pembimbing Lapangan  (DPL), Koordinator Kecamatan (Korcam) KKN STAIN, Penyuluh Pertanian dari UPT Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Bantan, Pemuda Karang Taruna dan pengrajin tahu. 

Sementara megiatan itu dibuka Kepala Desa Bantan Tengah Samsul Arifin. 

Dalam sambutannya Samsul Arifin mengungkapkan olahan ampas tahu menjadi pangan harus memperhatikan kandungan gizi. Karena biasanya di daerah Bantan tengah ampas tahu hanya digunakan untuk pakan ternak semata tanpa proses diolah. 

"Kita juga berharap agar inovasi ini menjadi penyemangat bagi pengrajin pangan di Desa Bantan Tengah supya selalu membaca peluang untuk peningkatan usahanya," ujarnya. 

Sementara Tenaga Pendamping Koperasi Firza Evandry mengatakan kegiatan ini memiliki prospek yang bagus dan semestinya bisa dilanjutkan untuk legalitas usaha, dengan program lanjutannya sertifikasi halal dan mendaftarkan nomor induk usaha serta PIRT. 

Kerupuk ampas tahu ini merupakan produk baru yang mahasiswa KKN STAIN perkenalkan untuk membuka peluang usaha baru bagi masyarakat setempat sebagai pemanfaatan kearifan lokal.  

Kegiatan ini adalah salah satu bukti dan wujud nyata bahwa mahasiswa cukup mampu mengidentifikasi permasalahan yang ada di masyarakat serta mencari solusi yang positif. 

Permasalahan limbah dalam pengolahan tahu telah diupayakan untuk bisa dimanfaatkan Kembali menjadi produk pangan yang dapat bernilai ekonomi bagi Masyarakat. Mahasiswa juga sekaligus mampu mengurangi cemaran lingkunganakibat limbah industry tahu yang bisa juga mencemari lingkungan. #DISKOMINFOTIK