120 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan Ikut Pecahkan Rekor Dunia

Teks foto: Warga binaan foto bersama Kalapas dan Petugas usai senam poco-poco, Ahad, 5 Agustus 2018.

BENGKALIS – Sebanyak 120 orang warga binaan Lapas Kelas II A Bengkalis melakukan senam poco-poco sebagai wujud keikutsertaan memecahkan rekor  dengan tajuk The Poco-Poco Dance Guinness World Records (GWR) 2018.

Warga binaan pemasyarakatan yang mengenakan pakaian olahraga berwarna merah bagi wanita dan biru bagi laki-laki ini tampak semangat bergerak mengikuti irama lagu poco-poco yang dipopulerkan Yoppie Latul. Sebagai ciri khas melayu peserta senam turut memakai pengikat kepala berbentuk tanjak berwarna merah putih.

Bersama dengan 6.500 orang di seluruh Indonesia, warga binaan pemasyarakatan Bengkalis yang dilatih Instruktur senam Pemkab Bengkalis Hj Wansyafrida, melakukan jenis tarian modern Indonesia ini tepat pukul 06.49 WIB disiarkan secara live streaming dan terkoneksi dengan senam poco-poco yang dilakukan di Monas, Jakarta.

Ajang yang menjadi program Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora yang diinisiasi Ibu Negara Iriana Jokowi ini sekaligus menjadi pemanasan jelang pembukaan Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, 18 Agustus nanti.

“Disamping arahan dari pimpinan pusat kegiatan ini juga ditunjukan untuk menggalakkan lagi olahraga di lingkungan warga binaan lapas kelas II A Bengkalis. Kemudian untuk menyehatkan pikirannya, jasmaninya dan rohaninya, sehingga warga binaan ini bisa berkegiatan seperti masyarakat di luar lapas,” terang Kepala Lapas Kelas II A Bengkalis, Agus Pritiatno, usai acara, Ahad pagi, 5 Agustus 2018.

Warga binaan saat senam poco-poco di halaman Lapas Kelas II A Bengkalis

Dilansir dari Kompas.com, secara rinci peserta pemecahan rekor dunia ini melibatkan 10.000 anggota TNI, 5.000 anggota Polri, 6.700 orang dari kementerian/lembaga negara, 27.000 Siswa SMA, 3.000 guru olahraga SMA se-DKI, 800 SKPD DKI, 1.000 mahasiswa DKI.

Kemudian  2.500 DWP kementerian/lembaga dan DWPP, 5.000 FORMI DKI, 2.000 anggota fitness center & sanggar senam, 1.000 perwakilan lintas agama dan lingkungan RT/RW serta 1.000 perumahan.

Selain di  Lapas Kelas II A Bengkalis senam ini dilakukan dimulai dari halaman Istana Negara, Medan Merdeka Barat, Silang Monas, Thamrin, Bundaran HI hingga Jalan Sudirman bertepatan dengan kegiatan Car Free Day dan dihadiri Presiden Republik Indonesia dan Ibu Negara Iriana Jokowi. #DISKOMINFOTIK.