Pencarian

Bawaslu Gelar Rakor Sentra Gakkumdu Jaga Netralitas ASN, Pjs Bupati Harapkan Pilkada Bengkalis Berlangsung Damai

BENGKALIS - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis, menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kabupaten Bengkalis, dalam rangka menjaga netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN), pada Pemilihan Serentak tahun 2024, khususnya untuk pemerintahan tingkat Kecamatan, Panwas Kecamatan se Bawaslu Kabupaten Bengkalis, di Pantai Marina Hotel Bengkalis, Selasa, 15 Oktober 2024.

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Bengkalis, Akhmad Sudirman Tavipiyono, diwakili Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP), Djamaluddin memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas dilakukannya kegiatan ini dalam mencegah pelanggaran netralitas ASN.

"Kita berharap semoga kegiatan ini menjadi sarana penguat komitmen dan sinergi seluruh komponen bangsa yang ada di negeri ini untuk bersama-sama mewujudkan Pilkada serentak yang damai, bermarwah, bermartabat dan berintegritas sesuai dengan tugas serta fungsi kita masing-masing," ujar Djamaluddin, membacakan pidato tertulis Pjs Bupati Bengkalis.

Beliau juga yakin bahwa pelaksanaan Pilkada serentak tahun ini akan menjadi warisan kebanggaan sekaligus menjadi sorotan semua pihak, jika Kabupaten Bengkalis mampu membangun konsolidasi politik dengan demokratis dan berintegritas dalam memilih pemimpin di daerah ini. 

"Agar tantangan tersebut dapat kita buktikan, tentunya seluruh komponen masyarakat yang ada di negeri ini memiliki tanggung jawab yang sama untuk menyukseskannya dengan memperkuat sinergitas, sekaligus membangun cooling system di tengah-tengah masyarakat, demi terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif. Apalagi biasanya menjelang hingga pasca penyelenggaraan Pilkada, semangat kebhinekaan masyarakat menjadi sedikit goyah akibat adanya perbedaan cara pandang kebangsaan dan cara pandang politik yang semua itu memaksa masyarakat untuk terpolarisasi menjadi beberapa kutub besar. Sehingga Pilkada sering berubah menjadi polemik yang berkelanjutan," jelasnya.

Untuk itu, sebagai bagian dari komponen bangsa yang ada di daerah ini, semua pihak harus memiliki tanggung jawab yang sama untuk menjadi penyejuk dan ikut serta meminimalisir isu-isu provokatif berlatar belakang suku, agama, ras dan golongan di tengah-tengah masyarakat maupun di ruang siber. Dengan harapan agar persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga serta Pilkada serentak tahun 2024 dapat berjalan dengan aman, sejuk, damai dan berintegritas.

"Kami juga ingin mengajak dan menghimbau kepada semua pihak untuk bersama-sama menapaki langkah, agar kita dapat mewujudkan Pilkada damai di negeri ini. Bagi ASN, kami berharap tetap jaga netralitas sesuai dengan ketentuan perundangan. Kami optimis, dengan balutan integritas tersebut, dapat menjadi langkah nyata kita dalam menciptakan suasana kondusif di tengah masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis, Usman menyebutkan bahwa kegiatan ini diselenggarakan dalam upaya untuk mencegah terjadinya pelanggaran netralitas, khususnya di Pemerintahan Kecamatan, Panwas Kecamatan se Bawaslu Kabupaten Bengkalis.

"Kami mengharapkan ASN di tingkat kecamatan untuk betul-betul menjaga netralitas Pilkada serentak tahun ini. Kita tidak menginginkan para ASN menjadi bermasalah karena tidak menjaga netralitasnya. Karena sampai saat ini sudah banyak kasus yang terjadi di Provinsi Riau khususnya. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini ASN  Pemerintah Kecamatan di Kabupaten Bengkalis dapat menjaga netralitasnya," ujar Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis.

Hal senada juga disampaikan oleh Komisioner Bawaslu Provinsi Riau, Nanang Wartono yang mengharapkan netralitas ASN di Kabupaten Bengkalis dapat dibangun dengan baik dalam mewujudkan Pilkada serentak yang kondusif dan bermarwah.

"Kita minta peran aktif camat maupun ASN lainnya untuk juga memberikan himbauan kepada Kepala Desa dan masyarakat dalam mewujudkan Pilkada tahun 2024 ini tetap kondusif dan terjaga dari pelanggaran. Semoga Pilkada yang kita selenggarakan dapat melahirkan pemimpin daerah yang mampu memberikan pengaruh besar terhadap kemajuan daerah serta masyarakatnya," pesan Nanang Wartono.

Hadir dalam kegiatan tersebut, perwakilan dari Polres Bengkalis, Kejakasaan Negeri, sejumlah camat se Kabupaten Bengkalis, sejumlah Pejabat Tinggi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis serta tamu undangan lainnya.

Tim Redaksi