Pencarian

Bantu Peran Orang Tua Jadi Ibu Generasi Alpha, DWP Bengkalis Gelar Seminar Parenting

BENGKALIS - Dalam upaya membantu peran orang tua menjadi para ibu generasi alpha, Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis menggelar seminar parenting sekaligus pertemuan bulanan, Rabu 9 Oktober 2024, di gedung Daerah Bengkalis.

Seminar parenting ini, mengangkat tema "Strategi Menjadi Ibu Generasi Alpha". Dengan menghadiri narasumber Kepala Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis Emilda Susanti, Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Fitrianita Eka Putri dan Sekretaris Dinas Sosial Enji Marlina.

Dalam sambutan Ketua DWP Kabupaten Bengkalis Ny. Ira Vandriyani Ersan mengatakan, atas nama pribadi dan keluarga besar Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis, mengucapkan selamat datang dan terima kasih kepada ibu-ibu dan para undangan yang hadir mengikuti seminar parenting yang ditaja DWP Kabupaten Bengkalis, semoga gerak langkah serta kehadirannya semakin memperkokoh silaturahmi.

Lebih lanjut Ira mengatakan, seminar ini bertujuan untuk membantu para orang tua dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip kesehatan mental yang positif dalam mendidik anak-anak.

"Kami percaya bahwa dengan pendidikan dan dukungan yang tepat, kita dapat membangun generasi yang lebih sehat secara mental dan emosional. Hal ini juga sejalan dengan tema “strategi menjadi ibu generasi alpha”. Kita sadari generasi alpha memiliki karakteristik yang unik dan pola asuh orang tua yang perlu disesuaikan,"ungkapnya.

Sambung Ira sebagai orang tua, penting untuk memahami berbagai gaya pengasuhan dan memilih pendekatan yang paling efektif berdasarkan kebutuhan anak secara individual.

"Anak-anak kita adalah masuk di generasi alpha dan mereka lahir di era dunia yang bersahabat dengan teknologi informasi yang berkembang atau digitalisasi, tentunya peran orang tua khususnya ibu sangat penting sekali. Karena ibu adalah “madrasahtul ula” bagi anaknya," jelas istri Sekda Bengkalis.

Melalui seminar parenting ini, Ira berharap kepada para peserta untuk mengupas tuntas mengikuti seminar sampai selesai, mengingat seminar ini sangat penting sekali bagi orang tua.

Sementara itu Kadis PPPA Kabupaten Bengkalis Emilda Susanti mengatakan, saat ini kasus para generasi muda sangat memperihatinkan sekali, untuk itu kepada orang tua agar lebih ekstra menjaga anaknya supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Lanjut Emilda mengatakan, generasi alpha saat ini kasus yang sering terjadi adalah pergaulan seks bebas.

"Mari kita bersama-sama menjaga anak kita semua. Karena ini adalah tanggung jawab Kita bersama, baik itu peran pemerintah, masyarakat dan orang tua,"imbuhnya.

Menurut Emilda peran orang tua dalam mendidik anak sangatlah penting. Orang tua akan memberikan contoh pada anak-anaknya. Pola asuh atau mendidik anak terutama generasi alpha memang tidak mudah.

Selanjutnya narasumber dari Dinas PPPA Kabupaten Bengkalis Fitri Anita Eka Putri menjelaskan, generasi alpha adalah generasi yang lahir pada tahun 2010 hingga 2025 dan termasuk generasi yang memahami teknologi informasi secara cepat. Hal ini memengaruhi karakteristik generasi alpha secara keseluruhan.

Fitri mengatakan, seminar ini memiliki tujuan agar para orang tua dapat mengenal putra putrinya terutama generasi alpha dengan pola asuh yang tepat. Selain itu, para orang tua juga dapat menemukan permasalahan dalam proses mendidik anak modern serta solusinya.

Kegiatan tersebut diikuti seluruh Ketua dan anggota DWP Kabupaten Bengkalis serta Ibu-ibu Persit dan Bhayangkari Bengkalis.#DISKOMINFOTIK.

Tim Redaksi