Tepuk Tepung Tawar Arsya dan Tiara, Bupati Kasmarni Selenggarakan Prosesi Ngunduh Mantu

MUARA BASUNG - Keluarga besar Bupati Bengkalis Kasmarni, melangsungkan prosesi 'ngunduh mantu' resepsi pernikahan putranya M Arsya Fadillah bersama pasangannya Tiara Sumarna, di kediaman Bupati, di Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir.

Sebelum resepsi menjemput dan menjamu handai taulan, pasangan yang resmi berstatus suami-istri pada 22 Agustus 2024 ini, terlebih dahulu dilakukan prosesi adat tepuk tepung tawar, Jumat malam, 6 September 2024.

Sebagaimana adat setempat yang telah melekat, terlebih dahulu perwakilan tuan rumah meminta izin kepada Pemangku Adat Desa Muara Basung, untuk melangsungkan prosesi tepuk tepung tawar yang ditandai dengan menyerahkan tepak sirih kepada pemangku adat.

Secara bergiliran, mempelai pria di tepuk tepung tawari oleh 11 orang-orang yang dituakan, khususnya laki-laki. Begitu juga dengan mempelai wanita, 11 dari kaum ibu-ibu juga di minta untuk menepuk tepung tawar sebagai bagian dari doa terhadap 'raja dan permaisuri sehari' ini.

Adapun penepuk tepung tawar M Arsya Fadillah pertama kali dilakukan oleh ayahanda tercinta, Datuk Amril Mukminin. Kemudian dilanjutkan dengan Wakil Bupati Bengkalis, Datuk H Bagus Santoso, Datuk Al Azmi, Datuk H Suyatno, Datuk Akhyar Mukmin, Tuan Jufrian, Tuan Ilham Nur, Tuan Riki Rihardi, Tuan H Amrizal, Tuan M Agar Kalipke dan Tuan Khairul Zaman.

Setelah tepuk tepung tawar dilakukan terhadap mempelai pria, dilanjutkan dengan menepuk tepung tawar terhadap mempelai wanita Tiara Sumarna, yang diawali oleh Ibunda Bupati Bengkalis Kasmarni. 

Setelah itu dilanjutkan oleh Puan Rita, Puan Dewi Asdinar, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Puan Hj Siti Aisyah, Puan Hj Erni Anggriani, Puan Hj Juliana, Puan Hj Aspizar, Puan Pepy Sumanti, Puan Jumiartik dan Hj Aida Lubis.

Prosesi tepuk tepung tawar pun berakhir terhadap M Arsya Fadillah dan Tiara Sumarna dengan nuansa adat yang sarat, sebagai wujud syukur dan permohonan doa kepada Allah SWT., semoga kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah wa rahmah.

Rangkaian resepsi pernikahan 'ngunduh mantu' anak Bupati Bengkalis Kasmarni ini akan dilangsungkan, di kediaman pribadinya, pada Sabtu, 7 September 2024.