Lomba Perkembangan Desa dan Kelurahan, Dinas PMD Kabupaten Bengkalis dan Tim Penilai Kunjungi Desa Teluk Latak

BENGKALIS- Dalam rangka mewujudkan masyarakat sejahtera melalui belanja Desa dan Kelurahan yang berkualitas, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bengkalis bersama tim penilaian mengunjungi Desa Teluk Latak sebagai perwakilan dari Kabupaten Bengkalis dalam acara perlombaan perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2024, Rabu, 26 Juni 2024, di balai pertemuan Desa Teluk Latak.

Camat Bengkalis Taufik Hidayat dalam sambutannya mengatakan bahwa Kecamatan Bengkalis sudah 2 (dua) kali mengikuti kegiatan tersebut.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Bengkalis atas kepercayaan kepada Desa Teluk Latak yang mewakili Kabupaten Bengkalis untuk mengikuti perlombaan evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Riau tahun 2024". ucapnya

"Semoga tahun ini Kabupaten Bengkalis mendapat juara I". harap Camat Bengkalis

Kepala Dinas PMD diwakili Kepala Bidang Pemdes Renaldi Eka Wahyu mengatakan Desa Teluk Latak telah ditetapkan sebagai juara I (satu) lomba Desa tingkat Kabupaten Bengkalis dan menjadi perwakilan Kabupaten Bengkalis untuk perlombaan perkembangan desa tingkat Provinsi tahun 2024, jelasnya.

Renaldi juga berharap, semoga Desa Teluk Latak mendapat mendapat nilai terbaik dari tim penilai agar mampu membawa Desa Teluk Latak menjadi juara I dalam perlombaan ini. harapnya

Acara ini di lanjutkan dengan pemaparan oleh Kades Teluk Latak  mengenai materi yang dijadikan bahan bagi Tim juri untuk penilaian lomba tersebut.

Saat memaparkan Kades Teluk Latak Mansur juga menjelaskan bahwa salah satu produk yang paling populer saat ini adalah Batik Teluk Latak yang merupakan produk unggulan asal Desa Teluk Latak dibawah naungan Bumdes pernah juara pertama tingkat nasional dalam perlombaan putri remaja batik Indonesia yang didesain oleh Ivan Gunawan di jakarta pada tahun 2021.

Selain produk unggulan Batik Teluk Latak,  produk unggulan lain juga ditampilkan dalam perlombaan ini yaitu tenun, gantungan kunci, tanjak, tempat telur tepung tawar, terasi bubuk, tas, sabun cuci piring (surelike), pelembut dan pewangi pakaian (super wangi).

Sedangkan produk makanan yang ditampilkan Desa Teluk Latak adalah bubur ikan suwir yang merupakan Pemberi Makanan Tambahan (PMT), kue telur gabus, kue kacang sembunyi, keripik sukun dan keripik singkong pedas.

Selanjutnya dijelaskan sekretaris DPMD Provinsi Riau Aswandi, Kegiatan ini berpedoman pada Permendagri 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan Desa dan Kelurahan.

"Perlombaan perkembangan Desa dan Kelurahan ini merupakan kebijakan pemerintah pusat yang sudah terjadwal setiap tahunnya yang di laksanakan sesuai dengan kemampuan keuangan daerah masing-masing". kata Aswandi

Hadir diacara ini, Aswandi sekretaris DPMD Dukcapil Provinsi Riau selaku Koordinator tim penilai perlombaan, Taufik Hidayat Camat Bengkalis, Kadis PMD Kabupaten Bengkalis diwakili Kabid Pemdes Renaldi Eka Wahyu, Kades Teluk Latak Mansur, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, Perangkat Desa Teluk Latak dan tokoh masyarakat.#DISKOMINFOTIK