Penanaman Pohon Serentak Sempena Hari Lingkungan Hidup Sedunia,

DLH Kabupaten Bengkalis Tanam 1000 pohon

Teks foto: Foto Kepala DLH Basuki Rakhmad bersama Pegawai DLH Kabupaten Bengkalis


BANTAN – Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se Dunia Tahun 2024 dan menindaklanjuti arahan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya serta Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bengkalis menanam 1000 pohon di Seluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis, Rabu, 5 Juni 2024.

Kegiatan yang bertemakan “Penyelesaian Krisis Iklim dengan Inovasi dan Perinsip Keadilan” tersebut dipilih sebagai pengingat sekaligus ajakan bahwa penyelesaian akar masalah krisis iklim harus diselesaikan dengan inovasi yang harus dilaksanakan secara konsisten oleh seluruh pemangku kepentingan, sekaligus harus mengedepankan perinsip keadilan dan inklusivitas.

Penanaman 1000 Pohon secara simbolis dilakukan Bupati Bengkalis diwakili Kepala DLH Basuki Rakhmad didampingi Kepala Kantah Kabupaten Bengkalis diwakili Kepala seksi pengendalian dan penanganan sengketa Desfrizul serta Sekretaris Desa Mentayan Samsudin dan Ketua BPD Desa Mentayan Saudah, di Desa Mentayan, Kecamatan Bantan.

Adapun Gotong royong dan penanaman pohon diseluruh Kecamatan se Kabupaten Bengkalis yaitu, Kecamatan Mandau berlokasi di Jalan Stadion Air Jamban, Duri bersama Upt Persampahan RTH, Kecamatan Rupat berlokasi di Batu Panjang, Kecamatan Bengkalis berlokasi Kawasan Hutan Kota dan Kecamatan Bantan dilakukan dibeberapa lokasi yaitu, Kantor Desa Mentayan, Pondok Pesantren Darussalam Mentayan dan Agrowisata Desa Mentayan. 

Kepala DLH Basuki mengatakan pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui DLH menyambut baik kegiatan tersebut karena memang arahan dari pemerintah pusat meminta untuk melakukan kagiatan-kegiatan ataupun aksi lingkungan.
“hari ini merupakan salah satu kegiatan yang kita lakukan adalah penanaman pohon sesuai dengan tema yang ditetapkan tahun ini, bahwa dalam rangka penyelesaikan krisis iklim kita lakukan melalui inovasi dan prinsip keadilan dengan harapan penanaman pohon merupakan salah satu bagian dari kontribusi kita untuk menjaga lingkungan, mengurangi emisi karbon,” ungkap Basuki.

Kemudian Basuki berharap kepada pemerintah desa se Kabupaten Bengkalis dan masyarakat untuk ikut bersama-sama menjaga pohon yang telah ditanam sehingga, mudah-mudahan tumbuh dan dapat mengurangi emisi karbon juga dapat memotivasi masyarakat dalam menjaga kelestarian alam.

“Kegiatan penanaman Pohon ini juga untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, serta dapat mendorong partisipasi aktif dari semua pihak dalam upaya pelestarian lingkungan, baik melalui tindakan-tindakan kecil dalam kehidupan sehari-hari maupun melalui kebijakan dan program yang berkelanjutan,”harap Basuki.

Jenis pohon yang ditanam yaitu, Ketapang Kencana, trembesi, Mahoni dan Pohon Aren.
Ikut serta dalam Penanaman 1000 pohon, Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 (PSLB3) Muhammad Saleh, Jafung Penyuluh Lingkungan Hidup Rolistuati Manurung, Kepala Upt Laboratorium Zakiah, Persatuan Bank Sampah Nusantara (PERBANUSA). #DISKOMINFOTIK