Pertajam Rencana Pembangunan Dermaga Roro Dumai-Rupat, Disparbudpora Hadiri Workshop di Pekanbaru

Teks foto: Kabid Pariwisata Disparbudpora Bengkalis, Alwizar foto bersama tim Milenium Challenge Corporation (MCC) Compact 2 Amerika

PEKANBARU - Bertujuan mempertajam rencana pembangunan dermaga pelabuhan Roro Dumai-Tanjung Kapal, Pemkab Bengkalis melalui Dinas Pariwisata Kebudayaan kepemudaan dan Olahraga menghadiri workshop di Pekanbaru.

Kegiatan bertajuk Workshop Decision Point 1 Option & Feasibility Studies Good Practice Project Program Compact-2 Provinsi Riau ditaja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Penelitian dan Pengembangan (Bappedalitbang) Provinsi Riau, Kamis 14 Desember 2023.

Menurut Kadisparbudpora Bengkalis Edi Sakura diwakili Kepala Bidang Pariwisata, Alwizar, selain mempertajam kembali pembangunan dermaga penghubung Dumai dan Pulau Rupat, kegiatan ini juga membahas pengembangan jalan poros dari Tanjung Kapal Kecamatan Rupat sampai Tanjung Medang, Rupat Utara.

Adapun pendanaannya bersumber dari dana hibah Milenium Challenge Corporation (MCC) Compact 2 Amerika.

Disampaikan Alwi, begitu akrab disapa, Pemkab Bengkalis menyambut baik rencana pembangunan infstruktur ini karena akan sangat bermakna untuk kemajuan daerah, khususnya Pulau Rupat.

Diyakini Alwi, terlaksananya dua program itu nantinya akan mempercepat aksesibilitas dan mobilitas dari Dumai menuju Pulau Rupat, atau sebaliknya.

"Apalagi Pulau Rupat telah ditetapkan sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) dalam PP Nomor 50 Tahun 2011. Selain sebagai KSPN, dua Kecamatan di Pulau Rupat juga sudah ditetapkan sebagai Kawasan Perbatasan Negara di laut dalam Perpres Nomor 43 Tahun 2020", papar Alwi.

Selain untuk meningkatkan ekonomi kawasan dan pariwisata juga menyangkut ketahanan nasional.

"Selama ini kami menerima keluhan wisatawan dari luar daerah tentang antrian yang panjang di Dumai jika mau ke Rupat dan sebaliknya, juga masalah akses jalan yang belum begitu baik", pungkasnya. #DISKOMINFOTIK