Buka Uji Kompetensi Wartawan, Bupati Kasmarni Sebut Wartawan Punya Andil Besar Bangun Jurnalisme yang Profesional

PEKANBARU - Bupati Bengkalis diwakili Plt Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Alfakhrurrazy membuka kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tahun 2023 di Hotel Bono Pekanbaru. Kamis, 14 Desember 2023.

Kegiatan ini diikuti wartawan yang bertugas di Kabupaten Bengkalis, menghadirkan Tim Penguji UKW yang merupakan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat. 

Hadir dalam kegiatan ini Ketua PWI Provinsi Riau H. Raja Isyam Azwar, Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Bengkalis Dr H. Suwarto, Ketua Bidang Organisasi PWI Pusat Zulmansyah Sukedang dan Ketua PWI Bengkalis Adi Putra. 

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Alfakhrurrazy, Bupati Kasmarni mengungkapkan, wartawan punya andil besar untuk membangun jurnalisme yang profesional. UKW merupakan momen penting bagi wartawan untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan dalam dunia jurnalistik yang semakin kompleks dan serba cepat.

Bupati berharap dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan kompetensi jurnalis, membentuk wartawan idealis, mampu memberikan berita bermutu dan berkualitas, sehingga fungsi dan peran media pers dapat dirasakan oleh publik.

"Sebagai wartawan, harus selalu berusaha  menghadirkan informasi yang akurat, terpercaya dan berimbang kepada masyarakat. Pemerintah sangat membutuhkan peran-peran wartawan yang profesional. Mereka harus senantiasa menjadi telinga untuk informasi bagi masyarakat dalam menyampaikan informasi pembangunan dan informasi penting lainnya," ungkap Bupati.

Dihadapan para wartawan bupati mengajak seluruh insan pers yang berada di Kabupaten Bengkalis, agar senantiasa memupuk kesadaran dan komitmen wartawan Indonesia untuk berperan serta dalam pembangunan bangsa dan negara sekaligus meningkatkan ketaatan wartawan pada kode etik jurnalistik, demi citra, kredibilitas dan integritas wartawan dan PWI.

"Sumbang saran dari para tokoh dan insan pers terhadap kebijakan pemerintah daerah sangat berharga untuk modal pembangunan Kabupaten Bengkalis. Kami berharap budaya sumbang saran terus tumbuh dan berkembangkan secara santun dan bijak untuk membangun negeri dalam mensejahterakan masyarakat," ungkapnya.

Ketua PWI Bengkalis, Adi Putra mengungkapkan, UKW ini diikuti 30 orang wartawan yang dibagi menjadi 5 kelas, yakni kelas utama 1 kelas, kelas madya 2 kelas dan kelas muda 2 kelas. 

Ketua PWI Bengkalis mengapresiasi Pemkab Bengkalis yang terus konsisten dalam peningkatan kompetensi wartawan khususnya di PWI Bengkalis. 

"Terima kasih setinggi-tingginya kepada Pemkab Bengkalis atas support dan bantuannya selama ini kepada PWI Bengkalis. Kami dari PWI siap mendukung pembangunan yang dilakukan Pemkab Bengkalis dengan tetap mengedepankan kode etik jurnalistik yang diatur dalam UU pers No 40 tahun 1999," ungkap Adi Putra.#DISKOMINFOTIK.