Tingkatkan Kapasitas Aparatur, Kemendagri Latih 135 Desa di Bengkalis

Teks foto: Pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD)

BENGKALIS - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terus berupaya meningkatkan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) aparatur desa di seluruh Indonesia. Untuk Kabupaten Bengkalis, pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Pemerintah Desa dan Pengurus Kelembagaan Desa (P3PD) sudah dilaksanakan sejak September silam.

Disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis, Ismail diwakili Kepala Bidang Pemerintah Desa, Rinaldi Eka Wahyu, program pelatihan itu melibatkan 135 desa se-Kabupaten Bengkalis.

"Alhamdulillah, kegiatan pelatihan program P3PD berjalan lancar dan sejak  16 November 2023 yang lalu pelatihan tersebut resmi ditutup oleh Dirjen Bina Pemerintahan desa dan akan dilanjutkan untuk tahun anggaran 2024 mendatang" ungkap Rinaldi, Selasa 12 Desember 2023.

Dari 135 desa yang dilatih sambung Rinaldi lagi, Kabupaten Bengkalis berhasil memenuhi kuota kehadiran 99 persen.

"Hal ini merupakan capaian yang sangat baik, animo pemerintahan desa dan kelembagaan desa untuk mengikuti pelatihan tatap muka yang dilaksanakan 4 hari itu sangat tinggi," ucap Rinaldi yang ikut serta sebagai pelatih pada rangkaian kegiatan pelatihan P3PD tersebut.

"Kami berharap, melalui kegiatan pelatihan P3PD ini dapat memberikan dampak yang baik bagi kemajuan pembangunan desa-desa yang ada di Kabupaten Bengkalis," pungkasnya. #DISKOMINFOTIK