Optimalkan Pelayanan, MF Polbeng Gelar Service Excellent Workshop di BUMDes Kuala Alam Bandar Jaya

Teks foto: Penyerahan Sertifikat dalam Kegiatan Workshop Service Excellent Bersama PJ Desa Kuala Alam, Pendamping Desa Bidang Ekonomi, Ketua BPD, Narasumber dari Bank BRI.

BENGKALIS - Untuk mengoptimalkan pelayanan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kuala Alam Bandar Jaya, MF Polbeng mengadakan workshop dengan tajuk “Service Excellent Workshop,” yang diadakan, Kamis, 30 November 2023. 

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan dari program MF tahun 2023, setelah sebelumnya sudah dilaksanakan beberapa kegiatan di BUMDes berupa bootcamp, seminar, dan workshop.

Tujuan diadakan workshop ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memberikan pelayanan unggul serta mendorong inovasi dalam pengembangan layanan di BUMDes, 

Kegiatan ini di hadari oleh Direktur BUMDes Kuala Alam, Pj Desa Kuala Alam, Pendamping Desa Bidang Ekonomi, Ketua BPD, Narasumber dari Bank BRI, perwakilan pelaku UMKM, serta mahasiswa/mahasiswi Polbeng. 

Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Bank BRI, yaitu Muhammad Iqbal Ramadhan, A. Md.A.B. 

Narasumber menyampaikan materi terkait service excellent workshop. Selama kegiatan, para peserta dibekali pemahaman mendalam tentang standar pelayanan yang tinggi dalam membantu para pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas layanan mereka.

Ketua MF Polbeng, Wan Junita Raflah mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan lanjutan setelah beberapa kegiatan sudah terlaksana secara efektif, yaitu bootcamp digitalisasi UMKM, seminar optimalization of brand awareness, SOP pelatihan standardisasi produk UMKM, workshop prosedur legalisasi.

Direktur BUMDes Kuala Alam Bandar Jaya, Zulkifli mengatakan

“Setiap tahun, Politeknik Negeri Bengkalis mengadakan kegiatan dalam bentuk pengabdian, penelitian, maupun program MF yang dapat memberikan peluang bagi masyarakat desa Kuala Alam untuk mengembangkan usaha yang dimilikinya. 

Produk-produk yang tersedia di gerai BUMDes Kuala Alam, sebagian merupakan produk yang dikembangkan oleh masyarakat desa itu sendiri. Oleh karena itu, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh tim MF ini sangat penting bagi pelaku UMKM di BUMDes Kuala Alam. Kemudian, produk-produk UMKM ini sering dipamerkan pada event-event yang diadakan oleh pemerintah daerah. Hal ini memberikan kesempatan pelaku UMKM untuk mengenalkan dan memasarkan produk-produk yang ada di BUMDes.

“Kegiatan hari ini memiliki signifikansi dan berdampak besar bagi pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi konsumen. Diharapkan melalui kegiatan workshop service excellent ini, para pelaku UMKM dapat meningkatkan kualitas layanan mereka, mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang cara memberikan layanan yang unggul, dan mengimplementasikan praktik terbaik untuk meningkatkan kepuasan pelanggan serta pertumbuhan bisnis mereka.” Imbuh Direktur BUMDes Kuala Alam.

Kemudian, Ketua MF Polbeng, Wan Junita Raflah mengingatkan kegiatan yang memberikan pelaku UMKM BUMDes Kuala Alam dengan menginspirasi, melatih, dan mengembangkan keterampilan serta pemahaman tentang bagaimana memberikan layanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih memuaskan bagi konsumen atau pelanggan. 

"Workshop semacam ini juga bertujuan untuk merangsang inovasi dalam strategi layanan dan menciptakan lingkungan di mana pelayanan yang unggul menjadi fokus utama bagi penyelenggara layanan. Harapan kami, dengan pembekalan ini, pelaku UMKM dapat mengimplementasikan apa yang diperoleh selama workshop," ucapnya.

Selanjutnya, Pj Kepala Desa Kuala Alam, Dahlelawati, S.Pd.SD mengucapkan terima kasih kepada Tim MF Polbeng yang sudah menyelenggarakan kegiatan ini atas kerja samanya dengan BUMDes Kuala Alam sehingga dapat terlaksana kegiatan yang memberikan dampak yang besar bagi UMKM BUMDes Kuala Alam Bandar Jaya.

“Kami berharap kedepannya lebih ditingkatkan lagi kerja sama antara Polbeng dan BUMDes Kuala Alam untuk memajukan UMKM BUMDes, membuat kegiatan yang bermanfaat bagi desa ini untuk meningkatkan daya saing dan pertumbuhan bisnis bagi pelaku UMKM.” tutup Pj Kepala Desa Kuala Alam.


Tim Redaksi