Wabup Bagus Santoso Buka Lokakarya Mini, Ajak Lintas Sektor Kolaborasi dalam Pelayanan Kesehatan

BENGKALIS -  Wakil Bupati (Wabup) Bagus Santoso membuka Lokakarya Mini (Lokmin) Puskesmas. Lokmin bertujuan untuk meningkatkan fungsi Puskesmas melalui penggalangan kerja sama tim, baik lintas program maupun lintas sektor serta terlaksananya kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan.

Dalam kesempatan itu, Wabup Bagus Santoso mengajak semua pihak lintas sektoral khususnya penanganan bidang pelayanan kesehatan untuk berkolaborasi saling mendukung sesuai kompetensi bidang masing- masing. 

“Bicara kesehatan bukan hanya tanggung jawab dinas kesehatan, di dalamnya ada pendidikan, sosial juga ketertiban keamanan dan lainnya,“ kata Bagus.

Bagus mengatakan, Kabupaten Bengkalis salah satu Kabupaten yang peduli dengan  jaminan kesehatan untuk penduduknya. 

Untuk itu pemkab telah memberikan pelayanan kesehatan UHC (Universal Healt Covarage) dengan sharing pemerintah pusat, provinsi dan anggaran dari APBD Bengkalis Rp.84 miliar pertahun. 

"Warga hanya menunjukkan kartu identitas maka sudah berhak mendapatkan layanan kesehatan gratis," terang Bagus. 

Sedangkan Kepala Puskesmas Pematang Duku, Emi Syarifuddin memaparkan, digelarnya lokakarya mini ini bermaksud untuk tergalangnya kerjasama tim, baik lintas program maupun lintas sektor. 

Kemudian, terpantaunya hasil kegiatan Puskesmas sesuai dengan perencanaan dan teridentifikasi masalah dan hambatan dalam pelaksanaan kegiatan Puskesmas.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pendantanganan MoU Kepala Puskesmas dengan 9 kepala desa di wilayah penanganan Puskesmas Pematang Duku.#DISKOMINFOTIK