Tingkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Bengkalis Gelar Bimtek Pendaftaran Penduduk

BENGKALIS - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Terkait Pendaftaran Penduduk di Aula Hotel Twin Bengkalis, Kamis, 24 Agustus 2023.

Bimtek dibuka Kepala Disdukcapil (Kadisdukcapil) diwakili Sekretaris Nurfaridinsyah. Mendatangkan narasumber dari Dinas PMD Dukcapil Provinsi Riau, Dwi Setiawati dan Tenaga Ahli IT Disdukcapil Kabupaten Bengkalis Faisal Riza.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Sekretaris Nurfaridinsyah, Kadisdukcapil Ismail mengungkapkan, kegiatan ini sejalan dengan visi Kabupaten Bengkalis “Terwujudnya Kabupaten Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera”, dengan salah satu misinya mewujudkan Reformasi Birokrasi serta penguatan nilai-nilai agama dan budaya melayu menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang berkarakter.

Untuk tercapainya visi dan misi tersebut, lanjutnya, akan dilaksanakan 7 agenda prioritas dengan 8 program unggulan, salah satunya adalah pelayanan sistem kependudukan berbasis mobile.

"Sebagaimana perkembangan zaman digitalisasi dewasa ini, pola tata kerja perangkat daerah berubah drastis dari pelayanan formal menjadi optimalisasi pelayanan prima dengan menerapkan pola jemput bola dalam memberikan layanan," ungkapnya. 

Disdukcapil Bengkalis belakangan ini telah berupaya maksimal membenahi pelaksanaan pelayanan dokumen kependudukan bagi masyarakat Kabupaten Bengkalis. terutama dalam pelayanan KTP-el, Akta Kelahiran Anak, Akta Perkawinan, Akta Kematian dan lain-lain.

Kadisdukcapil Ismail berharap kepada seluruh petugas pelayanan administrasi kependudukan diantaranya, petugas registrasi desa/kelurahan sebagai salah satu ujung tombak pelayanan, untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat di desa/kelurahan masing-masing. 

Sedangkan Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan Disdukcapil Bengkalis Abdul Kadir menjelaskan, Bimtek ini diikuti sebanyak 54 orang petugas registrasi desa/kelurahan dari Kecamatan Bengkalis dan Bantan. Dilaksanakan selama 2 hari dari 24-25 Agustus 2023.

Abdul Kadir mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas petugas registrasi desa kelurahan dalam memberikan pelayanan terintegrasi kepada masyarakat. 

"Selama Bimtek, peserta akan mendapat 2 materi, materi pertama tentang jenis, layanan, persyaratan dan penjelasan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil. Materi kedua tentang pelaksanaan teknis simpeldukcapil  terkait layanan pendaftaran penduduk berbasis informasi dan teknologi," papar Abdul Kadir.

Pembukaan Bimtek dihadiri Pejabat Administrator, Pengawas, Pejabat Fungsional di lingkungan Disdukcapil Kabupaten Bengkalis serta Kepala UPT Disdukcapil Kecamatan Bengkalis.#DISKOMINFOTIK