Mahasiswa KKN STAIN di Desa Koto Raja Gelar Sosialisasi dan Pelatihan Pengolahan Kerupuk Kelapa Muda

Teks foto: Kegiatan Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis di Desa Koto Raja, Kecamatan Siak Kecil.

BENGKALIS - Guna meningkatkan perekonomian masyarakat dan memberikan inovasi usaha bagi pelaku usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Koto Raja,  Kecamatan Siak Kecil, Kelompok KKN STAIN Bengkalis melaksanakan Sosialisasi dan Pelatihan bagi masyarakat khususnya bagi ibu-ibu di desa tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan di Posko KKN STAIN Bengkalis, Simpang Lima, Dusun Sri Lestari Desa Koto Raja, pada Sabtu tanggal 19 Agustus 2023 kemarin.

Materi sosialisasi dan pelatihan ini didemonstrasikan langsung oleh Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis dan diikuti oleh ibuk ibuk yang hadir.

Pelatihan ini digelar karena Kelompok KKN STAIN Bengkalis melihat kelapa merupakan salah satu potensi yang ada di desa Koto Raja.

Kelompok KKN STAIN Bengkalis berharap, inovasi olahan kelapa muda menjadi kerupuk ini bisa dijadikan salah satu cara untuk mengembangkan dan meningkatkan UMKM yang ada di Desa Koto Raja.

Salah seorang Warga Desa Kota Raja yang juga merupakan anggota PKK Desa Koto Raja, Sumirah, mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Kelompok KKN STAIN Bengkalis yang telah memberikan ilmu mengenai pengolahan kelapa muda menjadi kerupuk.

"Terima kasih kepada Kelompok KKN STAIN, sehingga kami bisa lebih memanfaatkan apa yang ada di desa ini, yaitu kelapa untuk menjadi olahan kerupuk. Rasa kerupuknya enak dan renyah, ini dapat menjadi kue raya saat lebaran nanti," ucapnya.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa KKN STAIN Bengkalis di Desa Koto Raja, Mustami Yusri berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini, masyarakat khususnya ibu rumah tangga Desa Koto Raja mendapatkan inovasi terbaru dalam bidang usaha rumahan memanfaatkan bahan dasar kelapa muda menjadi kerupuk.

"Mungkin dengan inovasi ini, masyarakat Koto Raja, semakin bergairah dan semangat dalam mengembangkan usaha-usaha rumahan seperti ini. Sehingga perekonomian masyarakat menjadi meningkat. Apa lagi kerupuk kelapa muda belum begitu familiar dikalangan masyarakat. Bisa saja kedepan Koto Raja kita berharap menjadi desa dengan khas produksi olahan kelapa muda yang dijadikan kerupuk dan makanan lainnya," pungkasnya.