Pencarian

Mahasiswa KKN STAIN Bengkalis Gelar Pelatihan Pemanfaatan Bahan Lokal Serai Menjadi Minyak Herbal

BENGKALIS - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAIN Bengkalis menggelar kegiatan pelatihan dengan tema “Pemanfaatan Bahan Lokal Menjadi Minyak Herbal Homemade”. Kegiatan yang berupa demo pembuatan minyak serai ini, dilaksanakan di Desa Damai, Kecamatan Bengkalis pada Rabu, 16 Agustus 2023.

Kegiatan pelatihan dengan memanfaatkan bahan pangan lokal dihadiri oleh ibu-ibu anggota PKK serta Kelompok Wanita Tani (KWT) Rosela. Turut hadir pula ibu Ketua PKK Desa Damai, Ketua KWT Rosela, dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

Ibu Ketua PKK menyambut dengan sangat baik adanya kegiatan pelatihan seperti yang ditaja oleh mahasiswa KKN STAIN Bengkalis. Mengingat bahwa di Desa Damai, belum ada inovasi terkini terhadap sumber daya atau bahan pangan lokal yang tersedia. Selama ini, ibu-ibu anggota KWT hanya memanfaatkan serai sebagai rempah atau bumbu makanan saja.

Ketua KWT Rosela juga menambahkan bahwa adanya pelatihan ini, dapat dijadikan sebagai ide program kerja bagi KWT ke depannya. Karena memang selama ini, para anggota pun belum terpikirkan untuk mengolah serai menjadi minyak herbal.
Dosen Pembimbing Lapangan berharap, setelah selesainya kegiatan pelatihan dalam masa KKN ini, tetap ada tindak lanjut untuk mengoptimalkan hasil pelatihan yang sudah terlaksana.

Adanya pelatihan untuk memanfaatkan bahan lokal yang banyak tersedia di Desa Damai, menjadi salah satu bukti nyata bahwa para mahasiswa telah mampu mengidentifikasi potensi di desa tersebut. Selanjutnya, diperlukan upaya sinergi antar berbagai pihak demi optimalnya hasil pelatihan. Misalnya dengan mempatenkan minyak herbal menjadi produk unggulan KWT Rosela. #DISKOMINFOTIK.

Tim Redaksi