Bupati Kasmarni Dukung Ranperda Ekraf dan UMKM Segera Dilanjutkan Kedalam Pembahasan

Teks foto: Wakil Bupati Bengkalis Dr. H Bagus Santoso.

BENGKALIS - Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik dan mendukung Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) inisiatif DPRD Kabupaten Bengkalis tentang Pemberdayaan dan Pembangunan Ekonomi Kreatif (Ekraf) dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Sebagai wujud dukungan serta perhatian Bupati Kasmarni meminta Ranperda Ekraf dan UMKM ini segera dilanjutkan kedalam pembahasan.

Demikian hal itu disampaikan dalam sambutan tertulis Bupati, dibacakan Wakil Bupati Dr. H. Bagus Santoso saat menghadiri Paripurna penyampaian Ranperda inisiatif DPRD Kabupaten Bengkalis Tentang Pemberdayaan dan Pembangunan Ekraf dan UMKM, Senin 14 Agustus 2023, di ruang Sidang Paripurna DPRD Bengkalis.

"Atas nama Pemerintah Kabupaten Bengkalis, kami menyampaikan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, khususnya Bapemperda, atas inisiasinya merumuskan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bengkalis inisiatif DPRD tentang Pemberdayaan dan Pembangunan Ekonomi Kreatif dan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah ini," tutur Kasmarni.

Lanjut Bupati, tentunya ini sebuah terobosan baru, yang sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi dan dukungan, mengingat, pemberdayaan dan pembangunan Ekonomi Kreatif serta UMKM, saat ini dapat dijadikan sebagai salah satu solusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat secara luas.

Serta menjadi pilar utama dalam mendongkrak pertumbuhan ekonomi inklusif yang ada di daerah ini, yang tentunya akan berdampak besar pula terhadap upaya pengentasan kemiskinan dan upaya perluasan kesempatan kerja.

"Kami sangat menyadari, pemerintah daerah harus hadir dalam pemberdayaan dan pembangunan Ekraf serta UMKM didaerah ini, sebagai bagian dari kelembagaan ekonomi rakyat yang dapat mensupport pembangunan ekonomi daerah. apa lagi saat ini, dalam prakteknya, pertumbuhan Ekraf dan UMKM terus meningkat, dimana, untuk saat ini saja, kita memiliki seratus lebih pelaku Ekraf dan 42 ribuan lebih UMKM, yang menempati kita berada pada urutan terbanyak ke-4 se-Provinsi Riau, setelah Pekanbaru, Kampar, dan Indragiri Hilir,"kata Bupati.

Dijelaskan Kasmarni, selama ini banyak cara serta langkah yang telah dilakukan Pemkab Bengkalis dalam memberdayakan serta membangun Ekraf dan UMKM yang ada di daerah ini, baik dengan memberikan pelatihan, bimbingan teknis, dan pendampingan untuk meningkatkan kemampuan teknis dan manajerial pelaku Ekonomi Kreatif serta UMKM, maupun dukungan fasilitasi untuk menghadapi perkembangan teknologi di dunia usaha, dan standardisasi usaha serta sertifikasi profesi bidang ekonomi kreatif.

"Kami optimis, dengan adanya ranperda tentang pemberdayaan dan pengembangan Ekraf dan UMKM ini, tentunya upaya kita untuk mengembangkan serta membangun ekraf dan umkm akan menjadi lebih terukur dan terarah dalam upaya kita mewujudkan Kabupaten Bengkalis Bermarwah, Maju dan Sejahtera,"ucapnya.

Selanjutnya, lanjut Kasmarni Pemerintah Kabupaten Bengkalis, pada prinsipnya, sepakat dan sangat mendukung, agar Ranperda hak inisiatif DPRD tentang Pemberdayaan dan Pengembangan Ekraf dan UMKM  dilanjutkan ke tingkat pembahasan sesuai dengan mekanisme dan ketentuan yang berlaku.

Rapat tersebut dipimpin langsung, Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis H. Khairul Umam dengan jumlah anggota 27 anggota DPRD Kabupaten Bengkalis.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Sekda Bengkalis Ersan Saputra, Asisten II H. Toharuddin, serta sejumlah Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.#DISKOMINFOTIK.