Peringati Tahun Baru 1445 Hijriyah, Kecamatan Mandau Gelar Tabligh Akbar

Teks foto: Asisten II Setda Bengkalis, H Toharudin, ketika mewakili Bupati Bengkalis menghadiri Tabligh Akbar Peringatan Tahun Baru 1445 Hijriyah, di Masjid Besar Arrafah, Kecamatan Mandau.

MANDAU - Peringatan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah, di Kecamatan Mandau berlangsung meriah dengan melakukan kegiatan Tabligh Akbar yang di pusatkan di Masjid Besar Arafah Duri, Rabu, 19 Juli 2023.

Bupati Bengkalis Kasmarni, diwakili Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Toharudin, didampingi Camat Mandau, Riki Rihardi dan para undangan lainnya hadir dalam Tabligh Akbar yang diisi oleh Ustadz H Nasril Abdul Muluk.

"Pergantian tahun, khususnya Tahun Baru Hijriyah, merupakan momentum bersama, momentum berjama’ah, serta momentum untuk kita mengaktualisasikan diri dengan nilai dan semangat hijrah demi perbaikan diri secara keseluruhan. Oleh karenanya, sebagai umat islam, sudah seharusnya kita mampu meneladani konsep hijrah yang telah dibawa oleh Rasulullah SAW, bukan sekedar perpindahan dari Mekkah ke madinah, namun lebih dari itu, memiliki makna mentransformasikan diri kearah yang lebih bermakna, lebih baik dan lebih bermanfaat, lebih bertaqwa dan lebih berakhlakul karimah baik bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan daerah ini," ujar Bupati.

Sebagai realisasi pembangunan mental spiritual bagi masyarakat, melalui misi “penguatan nilai-nilai agama menuju masyarakat yang berkarakter” secara bertahap sudah kita laksanakan, hal tersebut dibuktikan dengan telah dilaksanakannya kegiatan pemberian beasiswa Tahfidz Qur’an bagi putra dan putri daerah yang ingin melanjutkan pendidikan di dalam maupun luar negeri, penyebaran penyuluh Agama Islam sampai ke pelosok desa, bantuan operasional guru agama, bantuan rumah ibadah dan sebagainya.

"Semua itu tentunya tidak akan terlaksana dengan baik jika tidak didukung oleh masyarakat. Oleh karena itu kami mengajak para hadirin untuk bersama-sama kita bergandeng-tangan, bahu-membahu dalam membangun daerah ini. Paling tidak, mari kita terapkan nuansa Islami dalam aktifitas kehidupan kita sehari-hari. dan yang tak kalah pentingnya, kami juga mengajak kita semua untuk senantiasa menjaga suasana kondusif di Negeri Junjungan ini dengan memelihara persatuan dan kesatuan serta memperkuat ukhuwah atau tali persaudaraan," tuturnya.

Sebelumnya, turut dilakukan Pawai Ta'aruf 1 Muharram 1445 Hijriyah, se Kecamatan Mandau dalam mensyiarkan nilai-nilai Islam dan membangun semangat hijrah ke arah yang lebih baik.