Wabup Bagus Santoso Hadiri Panen Perdana Kelompok Budidaya Ikan Desa Penebal

BENGKALIS - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso menghadiri penanen perdana ikan nila kelompok budidaya ikan
Jaya Gemilang di Desa Penebal Kamis, 22 Juni 2023. 

Bersama Camat Bengkalis Taufik, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Chobsatul Barokah, Dinas Perikanan Bengkalis Diva Septrisna dan Kepala Desa Muhammad Saimin, panen tersebut berlangsung suka cita. 

Bagus Santoso mengatakan panen perdana ikan ini menandakan bahwa masyarakat Desa Penebal berhasil membudidayakan ikan konsumsi dengan baik. 

“Kami selaku Pemerintah Daerah (Pemda) menyambut baik serta memberikan penghargaan dan tahniah kepada kelompok budidaya ikan Jaya Gemilang yang berhasil membudidayakan ikan nila dengan kompak dan memberikan sebuah contoh bagi desa lainnya dalam program ketahanan pangan," ujar Bagus Santoso.

Antas keberhasilan budidaya ikan nila Desa Penebal, Wakil Bupati Bengkalis ini berharap menjadi pemacu untuk desa lainnya yang ada di Negeri Junjungan dalam menemukan potensi di desanya masing-masing. 

"Kita harapkan Bengkalis itu tidak hanya terkenal akan durian, nenas, karet saja. Namun dari berbagai sektor seperti perikanan, perkebunan, pertenakan, pariwisata bahkan mungkin perdagangannya," ucap Bagus Santoso. 

Pria yang akrab disapa Mas Bagus ini menjelaskan, ada tiga aspek penting dalam mendukung ketahanan pangan dan hqrus diterapkan di Kabupaten Bengkalis. 

"Pertama, ketersediaan pangan. Kedua, keterjangkauan yang melingkupi distribusi, cadangan, dan harga yang murah. Ketiga, infrastuktur pendukung untuk menggenjot produktivitasnya di Kabupaten Bengkalis," kata Wabup Bagus Santoso. 

Setelah panen ini, Wabup Bagus Santoso berharap budidaya ikan di Desa Penebal dapat terus dikembangkan secara berkelanjutan, dengan efek membuka lapangan pekerjaan hingga meningkatkan perekonomian masyarakat yang ada di Desa Penebal. 

"Selain bermanfaat menyentuh ekonomi masyarakat, juga membantu pemerintah dalam mensosialisasikan gemar makan ikan, untuk tumbuh kembang bagi anak maupun dewasa sehingga angka stunting kian menurun," pungkasnya. 

Keberhasilan kelompok budidaya ikan nila ini terlaksana berkat dukungan dana desa program Bermasa 1 milyar, 1 desa oleh Pemerintah Kabupaten Bengkalis dibawah kepemunpiman Bupati Kasmarni dan Wakil Bagus Santoso. 

Usai panen, Bagus Santoso menjadi pembeli pertama dengan memborong sejumlah ikan untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar. 

Tak lupa disela-sela waktu panen, Wabup Bagus Santoso mengajak masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dan membelinya kepada kelompok budidaya ikan setempat. #DISKOMINFOTIK