Tingkatkan Produk Kerajinan Bengkalis, Diskop UKM Gandeng Dekranasda Kaji Tiru ke Yogyakarta

YOGYAKARTA - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (Diskop UKM) bersama Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bengkalis melakukan kaji tiru ke Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mempelajari peningkatan kualitas Usaha Kecil Menengah (UKM) kerajinan Senin, 18 Juni 2023. 

Dipimpin Kepala Dinas Koperasi UKM Herliawan bersama Ketua Dekranasda Bengkalis Siti Aisyah dan Sekretaris Dekranasda Al Fakhrurrazi, kegiatan itu menyusuri sejumlah lokasi. Diantaranya Dinas Koperasi UKM, kemudian dilanjutkan menyambangi pelaku usaha serabut kelapa, batik dan diakhiri dengan tempat pengolahan buah salak dan talas. 

Industri sentra di Kabupaten Sleman yang beragam mulai dari batik, anyaman, kreasi dari serabut kelapa hingga pengolahan makanannya menjadikan Kabupaten Bengkalis perlu mengkaji tiru dari kabupaten penghasil salak pondoh ini. 

Kunjungan Dekranasda berkolaborasi dengan Diskop UKM membawa sejumlah pelaku usaha serta perwakilan para pengrajin di Negeri Junjungan. 

Ketua Dekranasda Kabupaten Bengkalis Siti Aisyah berharap dengan dilakukan kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang bakal diterapkan di Kabupaten Bengkalis. 

"Daerah yang kita pandang unggul ini perlu kita serap ilmunya, selain berguna bagi kami Dekranasda dalam rangka pengembangan kapasitas dan keterampilan serta pengelolaan promosi pengolahan produk hasil karya di Dekranasda Kabupaten Bengkalis juga bagi para pengrajin guna meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kian unggul dan kreatif lagi," ujarnya. 

Sementara Kepala Dinas Koperasi UKM Herliawan menyebutkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis memandang serius, perlu dan penting meningkatkan pengetahuan semua pihak yang terlibat dalam upaya mewujudkan peningkatan ekonomi kreatif di Negeri Junjungan. 

"UKM adalah salah satu "soko guru" perekonomian lokal dan nasional. Hal itu karena sektor riil ini menjadi pilar atau tiang roda ekonomi secara menyeluruh hampir di semua lini," pungkas Herliawan. 

Menyadari hal tersebut, Herliawan menyebut disinilah peran Dinas Koperasi UKM dibutuhkan untuk merangkul menggairahkan perekonomian masyarakat yang mana pengetahuan dan ilmunya harus terus diperbarui sesuai perkembangan zaman. 

Kehadiran Dinas Koperasi UKM, Dekranada dan sejumlah Pengrajin ini disambut hangat Kepala Dinas Koperasi R Haris Martapa. 

"Selamat datang kami ucapkan atas kehadiran rombongan dari Kabupaten Bengkalis. Kami sangat senang dan tersanjung atas kehadiran bapak ibuk, mudah-mudahan lain waktu kami bisa membalas kunjungan ke Kabupaten Bengkalis," ucap Haris Martapa. 

Dari hasil kunjungan ke sejumlah tempat pendongkrak ekonomi Kabupaten Sleman itu, rombongan Kabupaten Bengkalis terlihat antusias menyerap ilmu dari para pelaku usaha. #DISKOMINFOTIK