LSM Bahtera Melayu Latih Manajemen Keuangan Bumdesa dan UMKM

BANTAN - Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Bahtera Melayu menggelar pelatihan manajemen keuangan Bumdesa dan UMKM.

Kegiatan yang sasarannya Desa Teluk Pambang dan Kembung Luar ini dilaksanakan di Kantor Desa Teluk Pambang, Jum'at 16 Juni 2023.

Direktur LSM Bahtera Melayu, Defitri Akbar dalam sambutannya mengatakan guna meningkatkan kapasitas Bumdesa diperlukan mitra yang mempunyai kompetensi untuk melakukan upaya-upaya penguatan kelembagaan sehingga dapat mengelola potensi dan aset yang dimiliki Bumdesa tersebut.

"Apalagi kedua desa ini merupakan bagian dari program Mera Yayasan Konservasi Alam Nusantara (YKAN). Dimana salah satu strategi kami adalah peningkatan mata pencaharian masyarakat tempatan" ucap mantan Ketua KPU Bengkalis ini.

Selain itu, sambungnya, bentuk kepedulian LSM Bahtera Melayu terhadap geliat perekonomian UMKM adalah fasilitasi pengurusan sertifikat PRT dan sertifikat Halal bagi kelompok usaha di Teluk Pambang.

Selaku narasumber, Rizqa Arimurti, memaparkan tentang tips dan trik menghitung harga pokok dan harga pasar.

Sementara narasumber lainnya, Husnul Muttaqin menjelaskan tentang materi menyusun laporan keuangan terdiri dari jurnal, nilai aset, rugi laba dan neraca keuangan serta permodalan/kredit.

Sebagai tuan rumah, Kepala Desa Teluk Pambang, M Ali B beliau berharap kepada peserta pelatihan benar-benar manfaatkan ilmu yang diberikan oleh narasumber yang di prakarsai oleh LSM Bahtera Melayu tersebut. 

"Orang luar saja peduli dengan kampung kita mengapa kesempatan yang baik ini tidak kita manfaatkan dan gunakan dengan baik", ucapnya.

Kegiatan ini mendapatkan antusias peserta. Berbagai pertanyaan dilontarkan peserta kepada narasumber yang rata-rata dosen Politeknik Negeri Bengkalis ini. #DISKOMINFOTIK