Pelaksanaan MTQ Kelurahan Kota Bengkalis Berlangsung Sukses

MTQ Kelurahan Kota Bengkalis Resmi Dimulai, Camat Bengkalis Sampaikan Kegiatan MTQ Patut Disyukuri

Teks foto: Sekcam Bengkalis Rafli Kurniawan, salam Bermasa pada pembukaan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis.

BENGKALIS - Pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Kelurahan Kota Bengkalis resmi dimulai, pada Jum'at 26 Mei 2023 malam, bertempat di halaman Musholla Nurul Husna Sri Pulau Kelurahan Kota Bengkalis.

Kegiatan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis tahun 2023 itu, resmi dibuka Camat Bengkalis diwakili Sekretaris Kecamatan Bengkalis Rafli Kurniawan.

Dalam sambutanya Rafli mengatakan, hendaknya pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis ini benar-benar dapat dijadikan sebagai ajang motivasi dan seleksi para peserta MTQ dalam upaya meningkatkan kualitas bacaan Al- Qur'an.

Selain itu juga melalui perhelatan MTQ ini, lanjut Rafli diharapkan dapat membentengi para generasi muda khusus bagi generasi yang ada Kelurahan Kota Bengkalis ini, terhindar dari perbuatan dan perilaku yang tidak diinginkan.

Kata Rafli pelaksanaan MTQ yang digelar setiap tahun ini sudah sepatutnya disyukuri, karena tanpa kegiatan MTQ, tidak ada tempat para generasi muda untuk mensiarkan lantunan ayat suci Al-Qur'an secara lebih luas.

Menurut Rafli pelaksanaan MTQ ini, sebagai wadah atau tempat para generasi muda untuk meningkatkan bacaan dan pemahaman isi Al-Qur'an lebih mendalam lagi. Jadi kepada seluruh masyarakat mari senantiasa mensukseskan pelaksanaan agamis seperti ini. Karena wadah ini akan menjadi penyebab turunnya Rahmat Allah Swt di suatu daerah.

"Kami Pemerintah Kecamatan Bengkalis dan Pemerintah Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan Bupati Bengkalis Kasmarni dan H. Bagus Santoso sangat mendukung dan menyambut baik setiap kegiatan keagamaan seperti ini, apa lagi pelaksanaan MTQ ini, sudah pasti Pemerintah Kabupaten Bengkalis sangat mendukung penuh. Salah satu upayanya pemerintah yaitu melalui wadah LPTQ Kabupaten Bengkalis, yang di peruntukan khusus untuk anak-anak Kabupaten Bengkalis. Di LPTQ lah adik-adik kita mengembangkan dan mempertajam lagi pembacaan Al-Qur'an,"ujar Rafli.

Sementara itu Lurah Kota Bengkalis Mohd. Fadli dalam sambutannya mengatakan, melalui pelaksanaan MTQ ini, diharapkan dapat merangsang para para generasi muda di Kelurahan Kota Bengkalis dalam meningkatkan kualitas bacaan ayat suci Al-Qur'an. Sehingga melalui seleksi tingkat Kelurahan Kota Bengkalis ini, benar-benar mampu melahirkan bibit Qori dan Qoriah terbaik untuk dilanjutkan ke tingkat kecamatan, kabupaten, provinsi maupun nasional.

“Untuk itu kepada peserta MTQ, diharapkan untuk terus semangat dan giat belajar dengan mendalami bacaan ayat suci Al-Qur'an, sehingga di Kelurahan Kota Bengkalis ini setidaknya ada perwakilan untuk ketingkat yang lebih tinggi. Kami Pemerintahan Kelurahan Kota Bengkalis terus mendukung dan mendorong supaya para generasi muda kita cinta dengan Al-Qur'an,”ujar Fadli.

Sesuai tema pelaksanaan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis tahun ini yakni, "Musabaqoh Tilawatil Qur'an Merupakan Upaya Menjadi Al-Qur'an Sumber Inspirasi Dalam Kehidupan Untuk Mewujudkan Kelurahan Kota Bengkalis Menjadi Kelurahan Baldatun Thoyyibatun Warobbun Ghofur".

Selanjutnya Ketua Panitia MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis tahun 2023 Yedi Syafrizal menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan MTQ ini adalah sebagai ajang seleksi sekaligus pererat silaturahmi serta memperkuat ukhuwah islamiah antara peserta dan masyarakat Kelurahan Kota Bengkalis ini.

Kemudian ia juga menjelaskan, adapun jumlah peserta MTQ tahun 2023 diikuti sebanyak 53, dengan 4 cabang di perlombakan.

Waktu pelaksanaan MTQ dimulai tanggal 26 hingga sampai 28 Mei 2023. Bertempat di Mushola Nurul Husna Sri Pulau Bengkalis.

Acara pelaksanaan pembukaan MTQ tingkat Kelurahan Kota Bengkalis tahun 2023, diakhiri dengan pencabutan door prize berhadiah. Sebagai informasi door prize tersebut terus berlangsung hingga sampai malam penutupan MTQ.

Pada acara tersebut, turut dihadiri Kakan Kemenag Bengkalis, Danramil 01 Bengkalis, Kapolsek Bengkalis, Kepala BPN Bengkalis serta para tamu undangan terhormat lainnya.#DISKOMINFOTIK.