Tingkatkan Produksi Bumdes, Ykan dan YBM Gelar Pelatih di Teluk Pambang

Teks foto: Foto bersama pada kegiatan pelatihan yang digelar Ykan dan YBM di Bumdes Teluk Pambang

BENGKALIS - Yayasan Konservasi Alam Nusantara (Ykan) dan Bahtera Melayu (YBM) mengadakan Pelatihan Peningkatan Mutu Sabun Cuci Piring Produksi Bumdes Gading Emas, Desa Teluk Pambang untuk Bumdes Teluk Pambang, Sabtu, 17 Desember 2022.

Hal ini juga merupakan program Pengembangan Pengelolaan Pesisir Terpadu dan Mempromosi Solusi Iklim Alami di Kabupaten Bengkalis
 

Teluk Pambang  Kecamatan Bantan.

Saat membuka acara pelatihan tersebut, M. Ali Kepala Desa Teluk Pambang sangat mengapresiasi atas diadakan kegiatan ini dan banyak kegiatan lain yang di lakukan oleh Ykan dan YBM.

"Alhamdulillah sejak Yayasan Konservasi Alam Nusantara dan Bahtera Melayu dalam Program Mera masuk ke desa kami sudah banyak juga perubahan yang terjadi dalam pengembangan Desa Pambang. Baik untuk Pemerintah Desa maupun kelompok masyarakat desa kami dengan program tata kelola desa yang baik," ucap Kades Pambang.

Sementara itu, Deni Setiawan selaku Manager Program Mera mengatakan untuk pelatihan pembuatan sabun cair dan sabun batang berbahan limbah serai wangi ini salah satu dari hasil identifikasi tentang perkembangan Bumdes Gading Emas Teluk Pambang.

"Diharapkan dari pelatihan mampu memberi pengetahuan kepada Bumdes dan PKK desa dalam menyusun rencana kedepan terhadap pengembangan produk, pemasaran serta perizinan. Salahnya satu unit usaha serai wangi. Dan pada hari ini kita coba menurunkan produk yang bisa menjadi pendapatan desa maka kita lakukan pelatihan pembuatan sabun cair dan sabun batang dari limbah serai wangi," sebutnya.

Mas Deni, begitu panggilan manager Program Mera ini menambahkan, bahwa peserta yang terlibat berasal dari PKK Desa Teluk Pambang, PKK Desa Kembung Luar dan Pengurus Bumdes Teluk Pambang.
 

Disisi lain, Direktur YBM Defiri Akbar mengatakan dari pelatihan ini diharapkan benar -benar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan desa dan juga menjadi percontohan untuk desa-desa lain.

"Kita juga berharap partisipasi pemerintah desa dan masyarakat agar selalu aktif dalam program dan kegiatan untuk kemandirian dan demi kemajuan desa," ungkap pria yang akrab disapa Bang Dedek ini.

Selanjutnya, Direktur Bumdes M. Nasir sangat menyambut baik pelatihan tersebut dan mudah mudahan membawa keberkahan yang sangat bermanfaat untuk bumdes dan desa.

"Saat ini juga kita sudah coba memproduksi bahan dari serai wangi membuat sabun cuci piring dan turunan lainnya tapi tidak maksimal hasilnya, mudah-mudahan dengan pelatihan ini dapat meningkatkan pendapatan desa dan kemajuan Bumdes Gading Emas Teluk Pambang. Dan saat ini kami juga bekerja sama dengan Politeknik Negeri Bengkalis dalam hal peralatan yang  di buat oleh politeknik," sebutnya.

Adapun narasumber pada pelatihan ini mendatangkan dari kota Malang Jawa Timur, Bara Susanto direktur SIBS Succoss Training Malang dan  Dr Sita Acetylena.M Pd direktur LPK Kiraku Tec.