STIE Syariah Gelar Workshop Pembuatan Tanjak

BENGKALIS - Dalam rangka mengenal adat budaya Melayu Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Syariah menggelar kegiatan Workshop dengan mengangkat tema Pembuatan Tanjak dengan narasumber Tengku Mahesa Khalid dan Fadhil Junery, di Aula STIE Syariah.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Ketua STIE Khodijah Ishak dan diikuti oleh Masyarakat Bengkalis serta mahasiswa STIE Syariah, 9 Desember 2022.

Dengan workshop ini para peserta dianjurkan membawa perlengkapan untuk acara ini karena  selain teori yang dijelaskan juga diajarkan cara pembuatan tanjak.

Khodijah Ishak dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini dilaksanakan guna membangkitkan kembali adat budaya Melayu yang kini mulai hilang. Kita sebagai orang Melayu harus tau berbagai rekam sejarah yang dimiliki budaya melayu dengan beragam kekayaan. Salah satunya yakni penggunaan serta pembuatan tanjak, tanjak memiliki ciri khas masing-masing dengan berbagai versi dan model yang berbeda.

Dilanjutkan dengan narasumber Tengku Mahesa menjelaskan kegunaan tanjak serta pemakaiannya,  tanjak merupakan tradisi dan jati diri orang melayu, tanjak memiliki makna tersendiri disetiap bentuk, syarat dalam penggunaan tanjak yaitu ikatan simpulnya.

"Dari pelatihan ini nanti kita akan tau apa saja  jenis-jenis tanjak yang ada, yang selama ini jarang didengar oleh masyarakat kita terutama orang Melayu, sebelum pembuatan tanjak kita perlu tau terlebih dahulu perlengkapan yang perlu digunakan", tuturnya.#DISKOMINFOTIK.