Gapoktan Bina Maju Mentayan Usulkan Tanggul Jebol ke Bupati Bengkalis

Teks foto: Ketua Gapoktan Bina Maju Desa Mentayan

BANTAN - Ketua Gapoktan Bina Maju Desa Mentayan mengusulan tanggul jebol Kepada Buapti Bengkalis.

Usulan tersebut disampaikan pada acara Panen Raya, Selasa, 16 November 2021, di Desa Mentayan.

Disampaikan Ketua Gapoktan Saelan sejak sepekan hujan deras disertai pasang keling terjadi mengakibatnya, tanggul yang berada di bibir pantai pesisir Desa Mentayan jebol.

“Akibat dari jebolnya tanggul tersebut membuat puluhan hektar tanaman padi menuning dimana lahan tersebut milik Satu kelompok tani, dan disinyalir akan gagal panen,” ungkap Saelan.

Kemudian saelan berharap agar Pemerintah Daerah segera memperbaiki tanggul yang jebol tersebut, supaya tahun depan petani dapat menanam padi kembali tanpa takut gagal panen.

"Kalau tidak cepat diperbaiki, tahun depan dipastikan para petani tidak bisa menanam padi kembali. Kami juga berharap pemecah gelombang karena sangat penting. Tidak jauh dari lahan persawahan ini terdapat pelabuhan internasional, juga supaya ombak yang datang tidak terlalu kuat seperti saat ini," harap Katua Gapoktan.

Selain tanggul jebol, Saelan juga menyampaikan usulan alat berat kombeng dan alat untuk pengolahan lahan.

“Kami sangat membutuhkan alat berat kombeng dimana area lahan seluas ini dengan alat kombeng 1 tidak mencukupi, kiranya untuk di bantu. kemudian kami memerlukan alat untuk pengolahan lahan, supaya lahan pertanian padi kami menjadi bagus serta untuk menurangi kadar asam pada tanah,” imbuh ketua Gapoktan.
Gapoktan Bina Maju sendiri berdiri sejak, 4 April 2014 di Desa Mentayan, di ikuti 18 Poktan dengan anggota kurang lebih diikuti 500 anggota.#DISKOMINFOTIK