Pencarian

Bupati Kasmarni Ajak Masyarakat Kelompokkan Sampah, Tabung di Bank Sampah

Bupati melihat produk dari olahan sampah

MANDAU - Bupati Bengkalis Kasmarni menaruh perhatian khusus terhadap pengelolaan sampah. Ia tak ingin sampah dibiarkan menumpuk dan tidak bernilai.

Senin, 5 Juli 2021, Bupati Kasmarni hadir langsung dalam acara silaturahmi Gerakan Bengkalis Menabung Sampah sekaligus meluncurkan Forum Bank Sampah Kabupaten Bengkalis, di halaman Bank Sampah Pematang Pudu Bersih, Kecamatan Mandau.

Bupati Kasmarni mengatakan, sampah telah menjadi permasalahan besar di negeri ini, maka pengelolaannya perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu sampai ke hilir.

Persoalan sampah adalah masalah yang harus ditangani bersama, karena itu, menurut Kasmarni, mulai sekarang masyarakat harus merubah paradigma lama.

Paradigma dimaksud adalah paradigma pengelolaan sampah yang bertumpu pada pendekatan bersih yaitu sampah dikumpulkan, diangkut dan dibuang ke tempat pembuangan akhir. Sudah saatnya diganti dengan paradigma baru yang berorientasi pada upaya pemanfaatan sampah sebagai sumber daya ekonomi. 

"Mulai saat ini, mari kita lakukan pengelolaan sampah secara kolektif, dengan cara memilah dan mengelola sampah mulai dari sumbernya agar pengelolaan sampah dapat memberikan manfaat secara ekonomi, kita bisa menabung sambah di bank sampah," ajaknya.

Kasmarni menjelaskan, bank sampah memiliki prinsip dasar menyimpan sampah, menabung, menghasilkan uang, mengubah perilaku dan menjaga kebersihan serta pengelolaan yang ramah lingkungan. 

Karena itu, Kasmarni menekankan, kegiatan pengelolaan sampah melalui bank sampah harus kita lakukan secara maksimal dan berkelanjutan, 

"Kami minta kepada stakeholder terkait seperti DLH, perguruan tinggi dan dunia usaha maupun para penggiat lingkungan, terus lakukan pendampingan dan galakkan kembali pembangunan bank sampah baru secara mandiri di Kabupaten Bengkalis," pungkasnya.

Ikut hadir dalam acara ini Rektor Universitas Lancang Kuning Junaidi, Kepala SKK Migas Sumbagut Riki Rahmat Firdaus dan Manajemen Chevron Pacifik Indonesia Rudi Arif dan sejumlah Kepala Perangkat Daerah Bengkalis.#DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi