Wabup Bagus Santoso Buka Sosialisasi Budidaya Tanaman Porang

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Kasmarni melalui Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso membuka sosialisasi budidaya tanaman porang yang digelar Kerukunan Usahawan Kecil & Menengah Indonesia (KUKMI) Kabupaten Bengkalis bekerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bengkalis serta UMKM Community Jumat, 2 Juli 2021 di aula Kadin Jalan Sripulau Bengkalis.

Sosisasi mengangkat tema "Menuju Ekonomi Masyarakat yang Kuat, dengan Memanfaatkan Potensi Alam yang Lebih Inovatif" menghadirkan narasumber dari Ketua UD. Akmal Salim Mandiri Porang Pekanbaru, Akmal Salim.

Kadin Bengkalis Maisuri menyebut mensejahterakan masyarakat Kabupaten Bengkalis, tidak menjadi tugas dan tanggungjawab pemerintah semata, tetapi tugas bersama menjabarkan mengumplentasikan Visi Misi tersebut secara utuh dan penuh.

“Semua elemen anak bangsa di negeri ini harus terlibat sama. Nah, hari ini Kadin dan KUKMI perduli bagaimana kita memanfaatkan lahan yang ada, menjadi satu lahan yang betul-betul bermanfaat dan menjadi sesuatu yang berarti bagi masyarakat di pertanian khususnya dan Bengkalis pada umumnya.

Bicara tentang geografis Negeri Junjungan yang strategis, Maisuri menyebut berbatas dengan Selat Melaka dan negara makmur di sebelahnya artinya ini merupakan potensi komoditi yang harus digalakkan dan kembangkan, karena ada pasar menanti diluar sana.

“Dengan begitu insyaallah kedepan masyarakat Bengkalis disektor pertaniannya akan sejahtera,” ujar pria yang akrab disapa Bagong ini.

Sementara dalam sambutannya Wabup Bagus Santoso menyambut baik dan mendukung penuh kegiatan yang berjudul budidaya tanaman porang di kabupaten Berjuluk Negeri Junjungan serta mendukung ketahanan pangan dan pertanian berkelanjutan.

“Tentunya dengan adanya kegiatan ini, Pemkab Bengkalis menyambut baik upaya dan kolaborasi Kadin bersama KUKMI dan UMKM Community untuk budidaya Porang di Kabupaten Bengkalis,” katanya

Lebih lanjut Bupati juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara yang telah memperkenalkan tanaman porang kepada petani di Bengkalis, dengan harapan akan memberikan manfaat dan peluang bagi Masyarakat.

“Ini adalah salah satu yang pemerintah syukuri bersama Kadin KUKMI bagaimana meggiatkan dan menggalakkan perekonomian dengan memeberikan contoh kepada masyarakat terutama dalam menggarap potensi lahan apalagi dengan komoditas yag kita ketahui menghasilkan ekonomi yang tinggi.

Bagus Santoso menyebut komoditi yang dibawa Kadin bersama KUKMI  

tentu tidak terlepas dari tiga hal. Yakni bibit, pengolahan dan pertumbuhan. Dimana selain berharap ketiga hal tersebut dapat memumpuni maka Kadin dan KUKMI akan menyambut bagaimana marketing dan pemasarannya.

“Mudah-mudahan langkah seperti ini akan diikuti oleh swasta kemudian pegiatlainnya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat melalui inovasi mendapatkan komoditas yang tepat sesuai dengan tanah kita,” harapnya.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan juga turut membagikan pengalaman bagaimana menggarap lahan pertanian yang turut digelutinya.

Serta Ketua KUKMI Ihsan yang terlebih terlebih dahulu telah menanami porang sebanyak 3000 bibit di tiga wilayah Kabupaten Bengkalis yakni Rupat, Mandau dan Bengkalis. #DISKOMINFOTIK