Panen Kebun Keluarga, Bustami HY Ajak Masyarakat Manfaatkan Perkarangan Rumah

Teks foto: Plh Bupati Bengkalis kala panan keluarga

BENGKALIS – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Bengkalis H Bustami HY melakukan panen kebun keluarga di perkarangan rumah dinasnya jalan Bathin Alam Bengkalis Rabu, 22 Juli 2020.

Selain didampingi istri Akna Juita, turut ikut bersama dalam panen kelurga tersebut Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Susy Hartati, Kasi Keanekaragaman Konsumsi Pangan Erbun Yasi dan stafnya Rosmaini.

Lalu Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bengkalis Kelompok Kerja (Pokja) III.

Pelaksanaan panen keluarga tersebut dilakukan usai melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Perkarangan untuk Pengembangan Hatinya PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis di Desa Ketam Putih.

Kala melaksanakan Pelatihan Pemanfaatan Perkarangan untuk Pengembangan Hatinya PKK bersama Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bengkalis.

Bustami mengatakan tanah Bengkalis yang subur, cocok untuk dimanfaatkan menjadi perkebunan.

"Kami berada di tengah-tengah kebun keluarga, disini sangat subur cocok untuk berbagai jenis sayur," kata Bustami.

Lanjut Bustami pemanfaatan halaman yang juga sebagai warung pangan dapat mewujudkan kemandirian pangan.

"Jadi kami himbau kepada masyarakat untuk kemandirian keluarga mari kita memanfaatkan pekarangan rumah kita bagi yang punya pekarangan luas silakan mungkin mencangkul tanahnya," pungkasnya.

Sementara bagi yang tidak mempunyai pekarangan atau dengan pekarangan sempit, Bustami menyarankan menggunakan media pot atau polybag.

Kebun keluarga dapat dilakukan baik dalam bentuk sayuran, apotek hidup juga buah-buahan.

Ditengah kebun keluarga Plh Bupati Bengkalis tersebut, terdapat berbagai jenis sayuran, umbi-umbian, buah-buahan serta berbagai jenis ikan.

"Contoh ini asilnya cukup memuaskan bagi kita keluarga untuk kemandirian keluarga dalam memanfaatkan pekarangan rumah," ujar Bustami sambil menunjukkan hasil panennya. #DISKOMINFOTIK


Tulis Komentar