Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi:

Kapolda Riau; Selamat Datang di Bumi Lancang Kuning, Ini Doa Indah di Balik Namanya

Teks foto: Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi (Foto: Humas Polres Bengkalis)

Salam Komando bersama Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo (Int)

BENGKALIS -- Disambut nyanyian merdu guyuran hujan yang memang dirindu, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Selasa kemarin, 1 Oktober 2019, menginjakkan kakinya di Bumi Lancag Kuning.

Berbatik yang didominasi warna biru kuning dan bertanjak, rona wajah riau terlihat merekah dalam senyuman pria kelahiran Rabu, 8 Maret 1967, dan lulusan Akpol 1988 tersebut.

Agung, itulah nama singkat yang ditulis id.wikipedia.org untuk Jenderal Bintang Dua yang berpengalaman dalam bidang reserse ini.

Sebelum menjabat Kapolda Riau sejak 27 September 2019, pengganti Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo ini adalah Deputi Bidang Intelijen Siber BIN (Badan Intelejen Negara).

Keduanya melakukan Serah Terima Jabatan (Sertijab) sebagai orang nomor satu di jajaran Polda Riau, Senin, 30 September 2019.

Bersama dengan Sertijab Kapolda Sultra (Sulawesi Tenggara) dan Papua, Sertijab keduanya dilangsungkan di Rupatama Mabes Polri. Dipimpin langsung Kapolri Jenderal Tito Karnavian.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyerahkan langsung tongkat komando dan tanda jabatan kepada Kapolda baru di ketiga daerah itu.

“Bahwa saya akan senantiasa menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan Kepolisian Negara Republik Indonesia; dan senantiasa mengutamakan kepentingan masyarakat, bangsa dan negara daripada kepentingan saya sendiri, seseorang atau golongan," ujar ketiganya saat membacanya sumpah jabatan, sebagaimana dikutip dari news.detik.com.

Kedatangan Agung ke Tanah Melayu sehari lalu, disambut Kapolda Riau yang digantikannya, di VIP Room Lancang Kuning Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru. Tepat pukul 12.00 WIB, kemarin.

Usai bersalaman, Irjen Pol Widodo Eko Prihastopo kemudian memasangkan kalung bunga kepada Agung. Lalu dilanjutkan dengan istri Widodo yang menyerahkan paket bunga kepada istri Agung.

Mendapat penghargaan dari FBI (Int)

Penghargaan dari FBI

Sebelum jadi Kapolda Riau, sejak 8 Maret 2018, Agung mendapat amanah dan amanat sebagai Deputi Bidang Intelijen Siber BIN.

Dia pernah membuat harum nama Indonesia dengan meraih penghargaan dari Pemerintah Amerika Serikat.

Mantan Kapolsek Bawen, Semarang, Jawa Tengah yang dikenal murah senyum ini, mendapat penghargaan dari Biro Investigasi Federal (FBI) yang diberikan langsung Wakil Direktur FBI, David L Bowdich.

Mengutip reqnews.com, penghargaan ini diberikan atas jasanya dalam penyelidikan dan penyidikan kasus Kapal Equanimity, ketika Agung menjabat sebagai Wakil Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Bareskrim Polri.

Bersama Gubri H Syamsuar (Int)

Tiga Jabatan di Salatiga

Lulus Akpol 1988, Agung yang pernah menjabat Kapolres Bengkulu ini sempat “tunak” di jajaran Polres Salatiga, Jawa Tengah.

Lebih dari 4 tahun Agung berada di Kota terindah di Jwa Tengah itu. Di Kota dengan moto Srir Astu Swasti Prajabhyah dan semboyan "Salatiga Hati Beriman (Sehat, Tertib, Bersih, Indah dan Aman)".

Sebelum menjadi Kasat Reskrim Polres di daerah yang disebut-sebut Kota Terindah di Jawah Tengah tersebut pada tahun 1992, Agung menjabat sebagai Pamapta Polres Salatiga (1988) dan KBO (Kaur Bin Ops) Polres Salatiga (1989).

Usai menjabat Kasat Reskrim Polres Salatiga, Agung mendapat promosi jabatan sebagai Kapolsek Bawen, lalu Kapolres Bengkulu dan seterusnya.

Kini, mantan pacar Erni Agung Setya menjadi orang nomor satu di jajaran Korps Bhayangkara Polda Riau. Sebagai Kapolda Riau.

"Kedatangan saya di sini untuk membuat lebih damai dan sejahtera bagi masyarakat, kita bersama Gubernur Riau dan Forkopimda akan gotong royong membuat bagaimana mewujudkan apa yang kita cita-citakan bersama" kata Kapolda Agung, seperti dikutip dari gagasanriau.com.

Bersama istri Erni Agung Setya serta Irjen Pol Widodo Widodo Eko Prihastopo dan istri (Int)

Doa Indah di Namanya

Selamat datang Kapolda Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, di Tanah Melayu, Bumi Lancang Kuning, Provinsi Riau.

Sebagaimana juga masyarakat Riau umumnya, warga Kabupaten Bengkalis, Negeri Junjungan, juga menggantung asa, harapan yang sama.

Bergotong-royong, bersama dan bersatu, in shaa Allah kita semua bisa. Masyarakat Kabupaten Bengkalis yang memang cinta damai siap mendukung azam Kapolda Agung.

Dengan ‘berat sama dipikul, ringan sama dijinjing’, semua memang akan menjadi indah. Seindah doa yang dititip di balik namamu.

“Pemimpin yang mulia dan setia yang dicintai” itulah doa yang indah di balik nama “Agung Setya Imam Effendi”, yang dirangkum dari sejumlah literatur. Semoga! ##DISKOMINFOTIK

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi (Int)

Bersama Gubri H Syamsuar (Int)


Tulis Komentar