Azam Masuk 3 Besar:

IKPMR Bogor Ikut Ambil Bagian di Gebyar Nusantara 2019 IPB University

Teks foto: IKPMR Bogor usai tampil di Gebyar Nusantara IPB University 2019, Ahad malam, 15 September 2019

BOGOR – Sebagai salah satu bentuk penghargaan untuk budaya Indonesia, IPB University kembali menyelenggarakan Gebyar Nusantara (Genus) 2019.

Mahasiswa IPB University asal Provinsi Riau yang tergabung Ikatan Keluarga Pelajar Mahasiswa Riau (IKPMR) Bogor juga tak mau ketinggalan. Mereka ikut ambil bagian di ajang Genus 2019.

Ahad malam, 15 September 2019, sejumlah mahasiswa-mahasiwisi dari berbagai daerah di Bumi Lancang Kuning ini yang IKPMR Bogor menampilkan drama yang bertajuk ‘Laila’.

Karena ada penilaian dari penyelenggara untuk menentukan yang terbaik, meskipun persaingan antar provinsi sangat ketat dan bahkan sangkat ketat sekali, mereka tetap berazam dapat masuk 3 besar.

Riko Saputra, selaku “produser” keikutsertaan IKPMR Bogor pada Genus 2019 mengatakan, selain di festival teater dan tari, IKPMR Bogor juga ambil bagian di kegiatan-kegiatan lainnya.

Seperti membuka stand Seputar Riau yang menampilkan keragaman budaya dan kuliner provinsi dengan 12 kabupaten/kota ini.

Kemudian, sambung mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan angkatan 53 ini, IKPMR Bogor juga ikut pada ajang Putra-Putri Organisasi Mahasiswa Daerah (PAPI OMDA) 2019.

Sekedar informasi, kalau di Riau, PAPI OMDA ini pemilihan Bujang dan Dara. Pemilihan Putra-Putri terbaik daerah.

PAPI OMDA 2019 terpilih bakal diumumkan pada malam puncak Genus 2019, Ahad malam, 22 September ini.

Perkenalkan Riau

Masih kata Riko, selain untuk memperkenalkan Riau ke seluruh mahasiswa dari provinsi lain, keikutsertakan IKPMR Bogor di Genus 2019, juga untuk meningkatkan semangat kebersamaan sebagai orang yang sama-sama merantau untuk menuntut ilmu.

“Sebagai salah satu ajang untuk berkumpul, saling kenal dan mempererat silaturahmi sebagai sesama mahasiswa asal Riau. Semua anggota IKPMR Bogor dari seluruh angkatan ikut berpartisipasi pada Genus 2019. Baik langsung atau pun tak langsung”, katanya.

Dia berharap, selain di Genus 2019, seluruh keluarga besar IKPMR Bogor dapat bisa menorehan prestasi-prestasi lainnya untuk mengharumkan nama Provinsi Riau.

Terpisah, koordinator stand IKPMR Bogor, Athifah Rialdi, menjelaskan, ada beberapa materi yang akan ditampilkan di stand Seputar Riau.

“Seperti miniatur rumah adat, properti khas pernikahan, alat musik, majalah dinding 3 dimensi dan kuliner khas Riau”, rinci Athifah yang merupakan mahasiswa Fakultas Ekologi Manusia angkatan 55.

Harus Menginspirasi Dunia

Rektor IPB University Arif Satri ketika membuka Genus 9, Sabtu malam, 7 September 2019 lalu sebagaimana dikutip dari laman ipd.dc.id, mengatakan, kesenian-kesenian yang kita miliki menggambarkan keragaman budaya bangsa.

Dalam inovasi dan pengembangan teknologi, katanya, kita berusaha untuk menginspirasi dunian. Namun dalam kehidupan sehari-hari, kita pun harus bisa menginspirasi dunia dengan budaya dan kesenian yang kita miliki.

Sambungnya, kesenian merupakan sebuah hal yang sangat penting. Kini kesenian sudah menjadi sebuah industri, menjadi alat diplomasi dan juga menjadi instrumen-instrumen lain dalam menjaga stabilitas global.

“Oleh karena itu, kita harus bisa memanfaatkan kesenian ini untuk menjaga keberlanjutan kehidupan kita serta menjaga stabilitas di level nasional maupun internasional,” ujar Arif Satria. #DISKOMINFOTIK#