Pemeringkatan PPID Tahun 2019, KI Provinsi Riau Kunker ke PPID Kabupaten Bengkalis

Teks foto: Komisioner KI Provinsi Riau Alnofrizal dan rombongan berfoto bersama Kadis Kominfotik Johansyah Syafri dan staf saat Kunker ke Kabupaten Bengkalis, Kamis, 5 September 2019

BENGKALIS – Komisioner Bidang Penyelesaian Informasi Sengketa Informasi Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau Alnofrizal, Kamis, 5 Sepetember 2019, melakukan kunjungan kedinasan ke Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis.

Dua orang staf Diskominfotik Provinsi Riau, ikut mendampingi Alnofrizal. Yakni, Syaiful Abdi, staf Seksi Komunikasi Informasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Serta, Ario Fajar, staf Seksi Multimedia dan Dokumentasi Bidang Informasi dan Komunikasi Publik.

Kedatangan ketiganya langsung disambut Kepala Diskominfotik Kabupaten Bengkalis Johansyah Syafri di ruang kerjanya.

Ikut mendampingi Johan, Kepala Bidang Bidang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi Publik (PPIP) yang juga PPID (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi) Mohd Elkhusairi. Dan, Nazril, Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Bidang PPIP. 

Kata Alnofrizal, kunjunan kerja (Kerja) mereka itu untuk melihat kondisi ril PPID Kabupaten Bengkalis berkenaan dengan kuesioner yang telah diisi yang diserahkan KI beberapa waktu lalu.

“Sebagaimana juga ke kabupaten/kota lain, visitasi ke Kabupaten Bengkalis ini merupakan salah satu tahapan dalam rangka pemeringkatan PPID se-Provinsi Riau tahun 2019”, jelas Alnofrizal.

Pemaparan Kepala Daerah

Alnofrizal menambahkan, penentuan peringkat PPID se-Provinsi Riau tahun 2018 ini sedikit berbeda dengan tahun 2018.

Jika tahun lalu tidak ada pemaparan Kepala Daerah (Bupati/Walikota), pada tahun 2019 ini, imbuhnya, masing-masing Kepala Daerah harus menyampaikan langsung pemaparan tentang PPID di daerah masing-masing.

“Surat pemberitahuan resmi tentang kapan pemaparan dan ada saja yang harus disampaikan, akan segera kami sampaikan. Informasi lisan ini hanya pemberitahuan awal”, janjinya.

Terkait maksud kunjungan Alnorizal dan rombongan itu, Johan langsung menugaskan Elkhusairi untuk terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan KI Provinsi Riau.

“Siapkan bahan untuk paparan tersebut dengan sebaik-baiknya. Bangun terus komunikasi dan koordinasi, sehingga bahan paparan itu dapat dipersiapkan sejak awal,” asa Johan seraya berharap sukses tahun 2018 dapat diulang di tahun 2019 ini.

 

Bengkalis Peringkat I

Tahun 2018, Kabupaten Bengkalis berhasil meraih peringkat I tingkat Provinsi Riau dalam Penganugerahan Kabupaten/Kota atas Keterbukaan Informasi yang ditaja oleh KI Provinsi Riau di Ballroom Hotel Pesona Pekanbaru, Jumat, 21 Desember 2018.

Sedangkan posisi kedua diraih Kabupaten Kampar dan peringkat ketiga Kabupaten Rokan Hulu.

Penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Riau Award 2018 tersebut langsung diterima Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

KI Riau Award merupakan pemeringkatan dan penganugerahan penghargaan bagi Badan Publik atas keterbukaan Informasi Publik.

Pada kesempatan itu Bupati Amril Mukminin memberikanapresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PPID dan semua pihak yang terkait atas prestasi terbaik tersebut.

"Semoga penghargaan yang diraih hari ini  menjadikan kita semakin termotivasi dalam mewujudkan Pemerintahan yang transparan dan terus tingkatkan kinerja", kata Bupati Amril Mukminin, waktu itu. #DISKOMINFOTIK#