Tingkat Provinsi Riau 2019:

Saguwit Lunch Box Antarkan Kabupaten Bengkalis Juara III Lomba Cipta Menu B2SA

Teks foto: Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni menerima piala juara I produk olahan pada lomba menu B2SA di Pekanbaru, Selasa, 27 Agustus 2019

PEKANBARU – Bertempat di Gelanggang Olahraga Tri Buana, Pekanbaru, Selasa, 27 Agustus 2019, Pemprov Riau melalui Dinas Ketahanan Pangan menaja Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tahun 2019 dengan bahan sagu (Metroxylon sagu).

Pada lomba yang dibuka Wakil Gubenur Edy Afrizal Natar Nasution tersebut, Kabupaten Bengkalis menampilkan menu olahan dengan nama yang sangat keren, Saguwit Lunch Box.

Setelah dilakukan penilaian dan bersaing dengan 9 kabupaten/kota lainnya, Saguwit Lunch Box berhasil mengantar Kabupaten Bengkalis sebagai juara III.

Meskipun hanya juara III untuk kategori lunchbox, namun untuk produk olahan, Kabupaten Bengkalis menjadi yang terbaik. Juara I.

Produk Lunchbox yang disuguhkan 4 orang perwakilan Kabupaten Bengkalis Muntama (Kecamatan Bantan), Siti Rahmah (Bantan), Wati (Talang Muandau), dan Wilda Ningsih (Bukit Batu).

Menu Saguwit Lunchbox berisikan nasi sagu pandan harum, lodeh kuning Busaku, sambal Mengkudu, tahu gurih pegagan, pepes siput buah sawit, serta di variasi dengan jus tiga S (Sirsak, Sebulu, dan Senduduk).

Kemudian untuk produk olahan yang ditampilkan dari Kabupaten Bengkalis diantaranya, Rubik Balado (Duri, Kecamatan Mandau), Keripik Nenas (Sungai Pakning, Bukit Batu), dan Kembang Loyang Sagu (Sungai Pakning, Bukit Batu).

Pada lomba yang mengusung tema “Sagu Riau Menyapa Dunia” tersebut, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril bersama Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis Hj Akna Juita bukan hanya hadir. Keduanya juga memberikan support (dukungan) langsung kepada para perwakilan dari kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Di banding tahun 2018, capaian Kabupaten Bengkalis tahun 2019 ini menurun. Tahun lalu, piala bergilir lomba B2SA ini bersemayam di Kabupaten Bengkalis. Tapi tahun ini “menyeberang” ke Kabupaten Kepulauan Meranti.

Meskipun gagal mempertahankan piala bergilir, Kasmarni tetap memberikan semangat kepada duta-duta dari Kabupaten Bengkalis.

"Meskipun tahun ini kita gagal mempertahankannya. Jangan surut ke belakang. Terus berlatih. Munculkan terus inovasi dan kreativitas. Ciptakan terus menu B2SA. Masih ada tahun depan. In shaa tahun depan kita kembalikan lagi piala itu ke Kabupaten bengkalis," ujarnya, menyemangati.

Selain Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Misnarni, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Riau Hj Suti Mulyati, Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Riau hadir dalam lomba menu B2SA tersebut.

Sedangkan Kepala Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Bengkalis yang hadir dalam lomba tersebut adalah kepala Dinas Ketahanan Pangan Syafrizan. #DISKOMINFOTIK#