Bersama NU, BRG RI Gelar Sosialisasi Peduli Gambut dan Istighosah di Pondok Al Amin Bengkalis

Teks foto: Kepala Deputi III Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Dr Myrna A Safitri ketika memberikan sambutan.

BENGKALIS - Guna memberikan pemahaman agar lahan gambut dapat di kelola dengan tanpa membakar, Badan Restorasi Gambut Republik Indonesia (BRG-RI), melakukan Sosialsisai Desa Peduli Gambut dan Pengelolaan Lahan Tanpa Bakar, di Bengkalis, Selasa, 9 April 2019. 

Kegiatan yang dibarengi dengan doa bersama (Istighosah) yang bekerja sama dengan Nahdatul Ulama Wilayah Riau ini, digelar di Pondok Pesantren Al Amin, Jalan Antara, Gang Cempaka Putih, Desa Wonosari ini, dihadiri Kepala Deputi III Edukasi, Sosialisasi, Partisipasi dan Kemitraan, Dr Myrna A Safitri, bersama sejumlah narasumber dari Jakarta.

“Pemerintah pada dasarnya berkomitmen untuk menjaga lahan gambut yang sangat rentan dengan kebakaran hutan. Maka memalui sosialisasi edukasi pengelolaan lahan gambut dengan tidak membakar ini kita harapkan mampu meminimalisir terjadinya kebakaran lahan dan hutan,” tutur Deputi III BRG RI.

Melalui sosialisasi yang dibarengi dengan doa bersama menuju Riau Hijau ini,   

Myrna, juga mengimbau kepada seluruh peserta yang hadir untuk tidak mengelola lahan gambut dengan cara membakar dan sama-sama mendoakan agar Kabupaten Bengkalis khususnya, Indonesia umumnya terhindar dari musibah kebakaran hutan dan lahan.

“Sampaikan kepada keluarga dan lingkungan kita kalau membakar lahan itu berdampak dan berpengaruh besar. Jangan lagi mengelola lahan dengan cara membakar,” harapnya, memberikan pesan kepada peserta yang terdiri dari mahasiswa, pelajar dan sejumlah masyarakat.

Sementara itu, selaku penyedia tempat, Pimpinan Pondok Al Amin, Karya Mukhsin mengaku bahagia karena pondok tersebut menjadi tempat kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan BRG RI.

“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini juga mampu memberikan edukasi kepada santri dan santriwati kami yang mondok di pesantren ini. Kami sangat berterima kasih kepada BRG RI dan semua pihak yang terkait,” kata Pimpinan Pondok Al Amin.

Kegiatan sosialisasi ini diakhiri dengan doa bersama (Istighosah) yang dipimpin Dai Gambut Agus Subairi, dari Kabupaten Siak, dan turut dihadiri, Ketua MUI Kabupaten Bengkalis, diwakili Perhimpunan Rambe, Camat Bengkalis diwakili Kasi Sosbud, Painiwan, Kepala BPBD diwakili Kabid, Jhon Agustian, Kapolres Bengkalis, diwakili Kasat Binmas AKP Selamet Suryadi dan tamu undangan lainnya.#DISKOMINFOTIK