Indahnya Tiga Pilar Shalat Tasbih Berjamaah

Teks foto: Ustadz Syamsyudin Muir ketika memberikan tausyiah pada wirid dan pengajian Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Jum'at 15 Februari 2019 di Masjid Agung Istiqomah Bengkalis.

BENGKALIS - Bertempat di Masjid Agung Istiqomah, Jumat pagi 15 Februari 2019, Tiga Pilar yakni ASN, TNI dan Polri melaksanakan shalat sunat tasbih berjamaah.

Terlebih, dalam shalat sunat imam, dari rakaat pertama, sang imam melantun Surat Ar Rahman, sehingga semakin khusuk suasana shalat sunah berjamaah pagi itu.

Unsur Tiga Pilar ini mengenakan pakaian dinas masing-masing, seperti Aparatur Sipil Negara (ASN) mengenakan pakaian kurung Melayu, personel Polri mengenakan pakaian seragam warna coklat muda, ada sebagian bagian sipil. Begitu juga personel TNI mengenakan pakaian hijau loreng.

Berbeda jamaah perempuan, mengenakan mukena yang berwarna putih.

Keberagaman warna pakaian Tiga Pilar, mereka menjadi satu berjamaah shalat Tasbih yang diimami Imam Masjid Zukifli Yahya.

Sebelum pelaksanaan shalat Tasbih, sang imam menyampaikan arahan tentang mengenai cara-cara mengerjakan shalat sunah tasbih.

Usai melaksanakan shalat sunat, kemudian dilanjutkan dengan tausyiah yang disampaikan langsung Ustadz Samsudin Muir dari Pekanbaru.

Samsudin Muir dalam tausyiahnya mengatakan Dalam menjalani kehidupan di dunia, seorang mukmin memiliki tiga kekuatan. Pertama kekuatan niat. Kedua, kekuatan ikhlas kemudian yang ketiga adalah kekuatan istiqomah. setelah istiqomah, kemudian akan muncul khusnul khotimah yakni menutup dengan kebaikan-kebaikan.

“Ulama besar zaman dahulu, banyak yang meletakkan pembahasan niat di bagian awal karena dengan meluruskan niat nantinya Allah akan menerima semua amalan-amalan kita. Karena segala amal itu tergantung dari niatnya. Betapa banyak amal akherat tapi niatnya untuk dunia, maka akan menjadi amal dunia,” kata Ustad Samsudin

Samsudin Muir menambahkan Niat bukan sekedar ucapan nawaytu namun, niat memiliki hubungan dengan azam, yakni kekuatan dan dorongan hati yang kuat. Niat yang kuat mampu mengubah seluruh kehidupan sesorang. Karena dengan niat itulah yang akan kita pikirkan, apa yang kita doakan, apa yang kita inginkan dan akan berubah pada suatu tindakan.

Hadir dalam acara, wirid pengajian yang ditaja Pemerintah Kabupaten Bengkalis ini yakni, Sekda Bengkalis H Bustami HY, Ketua Baznas Kabupaten Bengkalis H Ali Ambar, Ketua LAMR Bengkalis H Zainuddin Yusuf.

Kemudian, Kasdim Bengkalis Dedyk Wahyudi, Kepala Bapeda H Imam Hakim, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Satu Pintu (DPMPSP) Basuki Rakhmad, Sekretaris Diskominfotik Bengkalis Adisutrisno dan sejumlah masyarakat dan pegawai honorer dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. ##DISKOMINFOTIK