Rabu, 13 Februari 2019 | 11:11:34 WIB | Dibaca : 261 Kali

Melalui SE Nomor: 400/Setda-Kesra/SE/2019/35:

Bupati Amril Mukminin Ajak Pejabat dan Pegawai Pemkab Bengkalis Berkurban

Editor: Achyan - Reporter: Haliyun Na'im - Fotografer: Istimewa
Bupati Amril Mukminin Ajak Pejabat dan Pegawai Pemkab Bengkalis Berkurban Teks foto: Ilustrasi

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin, Senin, 4 Februari 2019, mengeluarkan Surat Edaran (SE) dengan Nomor: 400/Setda-Kesra/SE/2019/35.

SE tersebut diantaranya ditujukan kepada Kepala Perangkat Daerah dan Camat se-Kabupaten Bengkalis. Adapun isi SE itu tentang Pelaksanaan Ibadah Kurban Tahun 1440 H/2019 M.

Guna meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT., serta menumbuhkan rasa solidaritas terhadap masyarakat miskin dan sesama umat Islam, melalui SE itu Bupati Amril berharap setiap Perangkat Daerah di Pemkab Bengkalis menunaikan ibadah kurban pada tahun 1440 H/2019 M ini.

Ada tiga poin yang disampaikan Bupati Amril melalui SE tersebut. Yakni, agar setiap Kepala Perangkat Daerah mengajak seluruh Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan karyawan/karyawati di setiap Perangkat Daerah untuk melaksanakan kurban pada tahun 1440 H/2019 M ini.

Kemudian, masing-masing Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas dan karyawan/karyawati di setiap Perangkat Daerah, diharapkan minimal dapat berkurban satu ekor sapi dengan harga Rp17.500.000, guna disalurkan kepada masyarakat daerah ini yang berhak menerimanya, sebelum hari raya Idul Adha 1440 H/2019 M.

Selanjutnya, data masing-masing hewan kurban yang akan disalurkan untuk masyarakat setiap Perangkat Daerah tersebut, dapat disampaikan melalui Bagian Kesejahteraan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkalis paling lambat minggu pertama April 2019.

Berdimensi Sosial Ekonomi

Sungguh selalu ada hikmah di setiap perintah yang Allah SWT., serukan kepada kita umat-Nya, meskipun jika dipandang berat menjalaninya.

Begitulah perintah berkurban yang didasari kepada kisah sepasang ayah dan anak nan sholeh, Nabiyullah Ibrahim dan putranya Ismail AS. Bagi umat Islam yang mampu, pada hakekatnya berkurban adalah sebuah kewajiban.

Mengapa seseorang harus berkurban? Sebagaimana halnya ibadah shalat, kurban merupakan pintu mendekatkan diri kepada Allah SWT. Berkurban juga merupakan sikap kepatuhan dan ketaaan pada Sang Khaliq dan masih banyak lagi hikmahnya.

Hikmah lain, yakni berdimensi sosial ekonomi. Ibadah kurban juga memiliki sisi positif pada aspek sosial. Ppasalnya, distribusi daging kurban mencakup seluruh kaum muslimin, dari kalangan manapun seseorang, fakir miskin hingga mampu sekalipun.

Sehingga hal ini akan memupuk rasa solidaritas umat. Jika mungkin bagi si fakir dan miskin, makan daging adalah suatu yang sangat jarang. Tapi pada saat hari raya Idul Adha, semua akan merasakan konsumsi makanan yang sama.

Ayo berkurban! Mari kita indahkan SE Nomor: 400/Setda-Kesra/SE/2019/35 yang juga ditujukan kepada Sekretaris Daerah Bengkalis, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekretariat Daerah Bengkalis, Sekretaris DPRD, Kepala Satpol PP, Inspektur, RSUD Bengkalis dan SRUD Kecamatan Mandau serta Kepala Bagian di lingkungan Pemkab Bengkalis tersebut. #DISKOMINFOTIK

 

 

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]




Baca Juga
Tulis Komentar
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER