Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau:

Camat Riki: “Kesuksesan dan Kebahagiaan Akan Sangat Berarti Jika Kita Mau Berbagi”

Teks foto: Bupati Amril Mukminin beserta Camat Mandau Riki Rihardi dan Sekcam Muhammad Rusydy ikut membagikan nasi bungkus ketika meninjau Pojok Warung Gratis Kecamatan Mandau, Jumat, 8 Februari 2019.

“KETIKA kau berbagi dengan orang lain sebagian dari apa yang kau miliki, apa yang tersisa akan berlipat ganda dan tumbuh,” begitu kata Napoleon Hill, penulis dari Amerika Serikat (1883-1970).

Jauh sebelum itu, khususnya bagi pemeluk agama Islam, perintah untuk berbagi atau memberi, sudah begitu jelas. Sudah ada sejak belasan abad nan silam. Diantaranya dalam Al-qur’an surah Al Hadiid ayat 7.

Dalam Islam, untuk berbagi, seseorang tidak perlu menunggu ianya berkecukupan. Bisa dilakukan kapan dan dimana saja. Bahkan tanpa perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Yakni, dengan berbagi senyuman. Karena esensi dari berbagi adalah ketika orang lain merasa bahagia dengan apa yang kita berikan.

Dan, Islam pun mengajarkan, bahwa tak pernah ada orang yang menjadi miskin karena memberi atau berbagi.

Kesediaan memberi memang tak akan membuat seseorang langsung menjadi dermawan. Namun hal itu akan membuka kesulitan seseorang.

“Barangsiapa memudahkan orang lain yang sedang kesulitan niscaya Allah akan memudahkan baginya di dunia dan di akhirat,” pesan Rasulullah SAW., dalam salah satu hadisnya yang diriwayatkan Muslim.

Dalam hadis lain, Nabi Muhammad SAW., mengatakan, salah cara memperoleh “tiket mulus” ke surga untuk orang yang shaleh adalah ith'amuth tha'am. Yakni, memberi makan orang yang memerlukannya, fuqaha wal masakin, baik makanan itu berasal dari dirinya sendiri atau sekedar menyalurkan makanan orang lain.

Terlepas dari itu, dalam rangka menumbuhkembangan semangat untuk saling berbagi, Camat Mandau Riki Rihardi membuka Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau.

Pojok Warung Makan Gratis yang buka seminggu sekali, yakni pada hari Jum’at tersebut, mulai dilaunching Camat Riki, Jum’at, 1 Februari 2019 lalu.

Pada saat dilaunching, ada ratusan nasi bungkus yang disediakan dan dibagikan secara gratis kepada mereka yang membutuhkannya.

Diapresiasi Bupati Bengkalis

Bupati Bengkalis Amril Mukminin mengapresiasi keberadaan Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau yang terletak di depan sebelah kanan pintu masuk kantor Camat Mandau.

Penghargaan itu disampaikan mantan Kepala Desa Muara Basung, Kecamatan Pinggir ini ketika meninjau langsung Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau, Jum’at, 8 Februari 2019.

Atau saat pelaksanaan yang kedua pasca launching pertama seminggu lalu. Saat pelaksanaan Pojok Warung Makan Gratis yang kedua kalinya ini, ada 202 nasi bungkus yang dibagikan Pemerintah Kecamatan Mandau untuk mereka yang membutuhkannya.

Peninjauan yang dilakukan Bupati Amril bersama istri Kasmarni tersebut dilakukannya sebelum pulang ke kediaman pribadinya di Muara Basung, usai membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Bathin Solapan di Ballroom Lantai IV Surya Hotel Duri.

Di kesempatan itu, bersama istri, Camat Riki dan pegawai Kecamatan Mandau, Bupati Amril ikut membagikan nasi bungkus gratis tersebut kepada mereka yang membutuhkannya.

Karena baru, tentu manajemen pengelolaannya belum baik. Masih dilakukan secara sederhana. Untuk itu Bupati Amril berharap ke depan ditata sedemikian rupa, sehingga menjadi lebih baik lagi.

“Keberadaan Pojok Warung Gratis Kecamatan Mandau ini sangat positif. Bisa membantu masyarakat yang membutuhkan yang ada di kecamatan ini,” nilainya.

Orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini mengimbau, apa yang dilakukan Pemerintah Kecamatan Mandau ini dapat diadopsi oleh 10 Pemerintahan Kecamatan lainnya di daerah ini.

"Begitu pula Perangkat Daerah lainnya di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Tak ada salahnya kalau mencontoh yang baik. Bahkan sangat dianjurkan," ujarnya.

Tak hanya itu, Bupati Amril mengimbau masyarakat di Duri dan sekitarnya, baik pribadi, organisasi, pengusaha ataupun lainnya yang mempunyai kelebihan rezeki, agar memanfaatkan Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau sebagai salah satu sarana untuk berbagi kepada mereka yang membutuhkannya. Untuk berbuat kebaikan bagi sesama.

Di bagian lain dan sebagai dukungan langsung atas eksistensi Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau, saat peninjauan tersebut Bupati Amril langsung memberikan donasi sebanyak 150 nasi bungkus.

Namun karena keterbatasan waktu, pihak Pemerintah Kecamatan Mandau tak bisa langsung “mengeksekusinya” donasi Bupati Amril tersebut.

“Sumbangan Bupati Bengkalis ini akan kita bagikan Jum’at minggu depan (15 Februari 2019),” ujar Camat Riki, seraya mengucapkan terima kasih atas donasi 150 nasi bungkus dari Bupati Amril.

Dia membuka pintu selebar-lebarnya bagi siapapun yang ingin berbagi melalui Pojok Warung Makan Gratis Kecamatan Mandau.

“Kecil tapak tangan, nyiru kami tadahkan,” imbuhnya mengutip sebuah peribahasa. 

Sementara itu ketika ditanya makna berbagi di mata seorang Camat Riki, dia mengutip Albert Camus, penulis dan eseis dari Perancis (1913-1960).

“Kesuksesan dan kebahagiaan akan sangat berarti jika kau mau berbagi dengan orang lain,” terang Camat Riki, mengutip pendapat peraih Nobel Sasrta (1956) tersebut.

Tangan di atas memang lebih baik dari tangan di bawah, begitu Islam mengajar dan mendidik umatnya.

Berbagi itu memang indah! Ayo ikut berbagi melalui Pojok Warung Makan Gratis Pemerintah Kecamatan Mandau!#DISKOMINFOTIK