Senin, 03 Desember 2018 | 18:02:59 WIB | Dibaca : 132 Kali

Menkominfo, Minta Peserta SAIK 2018 Temukan Cara Efektif Dalam Menyajikan Informasi

Editor: Adisutrisno - Reporter: Tim SDKI Diskominfotik - Fotografer: Rahman
Menkominfo, Minta Peserta SAIK 2018 Temukan Cara Efektif Dalam Menyajikan Informasi Teks foto: Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah menekan tombol sirinei

TANGERANG – Menteri Komunikasi Informatika Republik Indonesia Rudiantara meminta kepada seluruh peserta Senergi Aksi Informasi dan Komunikasi (SAIK) 2018 untuk menemukan cara baru dengan metode efektif dalam menyampaikan Informasi kepada Publik.

Hal itu sebagaimana disampaikan dalam arahannya melalui video tapping, Senin 3 Desember 2018, bertempat GrandBallroom Hotel Novotel Tangerang Banten Jakarta.

Acara tersebut berlansung meriah dengan dihiburkan berbagai persembahan tari tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Dalam acara tersebut dihadiri Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Jendral Informasi dan Komunikasi Publik Rosarita Niken Widiastuti, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah serta dihadiri Humas Kementerian, Provinsi, Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Rudi mengatakan, selama dua hari para peserta SAIK sudah berkumpul, ini bukan ajang bersenang-senang dan bernostagia, namun ini merupakan salah satu peluang harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, yaitu harus fokus membuat sesuatu yang baru.

“Perlu kami ingatkan lingkungan kita adalah lingkungan pemerintahan, lebih banyak pemerintahan dimulai dari Humas Kementerian Lembaga, Humas Pemerintah Daerah,  BUMN serta Humas Komunitas, semua itu harus berperan aktif dalam menyampaikan informasi yang berkaitan dengan kinerja pemerintahan,” ujar Rudi

Sambung Menteri Kominfo, dilihat dari perkembangan teknologi saat ini sangat luar biasa, banyak orang Indonesia yang mengunakan media sosial dan lain-lain sebagainya namun disayangkan tidak diimbangi atau belum diimbangi dengan kemampuan yang baik dalam mengunankan media tersebut.

“Apa itu kemampuan yang baik, sederhananya kemampuan yang baik itu untuk memilah dan memilih informasi, inilah yang harus kita dorong serta menjadi PR kita bersama. Sesuai dengan tuntutan kita untuk menginformasikan kepada kebijakan publik, pencapai-penjapaian program Pemerintah Pusat, Daerah, BUMN dan lain-lainnya. Tugas kita harus mencari cara-cara yang baru tidak hanya bergantung pada digital saja, namun kita harus berpikir bagaimana cara menyampaikan informasi tersebut yang cepat serta mudah dipahami masyarakat,” ujar Rudi.

“Kita harus mencari cara yang efektif dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat atau Publik, mengingat belum tentu semua masyarakat mempunyai akses digital atau belum ada kemampuan untuk milah dan memilih informasi yang baik,” kata Menteri Kominfo.

 Ditambah Rudi, Salah satu cara mengatasi hal tersebut harus mengunakan cara yang baru yaitu dengan melaui pertunjukan-pertunjukan rakyat, sambil wayangan serta acara apapun yang bisa menjadi sarana media yang efektif, sebagai alat untuk berkomunikasi kepada masyarakat atau publik, oleh karena itu butuh mengembangkan potensi dan kapasitas kita, dan juga harus mampu membangun komunikasi dan informasi melalui acara-acara tradisional.

“Kami berharap melaui SAIK 2018 ini, dapat menjadi ajang menukarkan informasi, ide dan pengalaman dalam upaya meningkatkan pelayananan komukasi dan informasi yang lebih efektik,” tutup Rudi.##DISKOMIINFOTIK  

 

 

[Ikuti Terus Diskominfotik Bengkalis Melalui Sosial Media]




Baca Juga
Tulis Komentar
BERITA TERKINI
Selengkapnya
Agenda Kegiatan
BERITA TERPOPULER