Penjelasan Manager PLN Bengkalis Hasdedy:

Ini Penyebab Mengapa Saat Ini Listrik di Pulau Bengkalis Nyaris Padam Total

Teks foto: Ilustrasi

BENGKALIS – Sejak Rabu malam, 7 Novemver 2018, tepatnya sekitar pukul 20.30 dan sampai pagi hari ini, Kamis 8 November 2018, listrik di pulau Bengkalis nyaris padam total. Hanya sebagian yang hidup. Seperti di kawasan Kelurahan Bengkalis Kota.

“Iya, Pak! Hingga pagi ini listrik di Desa Sungai Alam masih padam total,” jelas Muslim, salah seorang warga Sungai Alam, sekitar pukul 07.30 WIB tadi pagi di tempat kerjanya di kawasan jalan Kartini, Bengkalis.

Terkait pemadaman tersebut, sebagaimana informasi yang diterima Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis pada pukul 08.41 WIB tadi, Manager PLN Bengkalis Hasdedy menjelaskan penyebabnya.

Berikut keterangan yang langsung disampaikan Hasdedy kepada Pelaksana Tugas Kepala Diskominfotik Johansyah Syafri.

“Izin melaporkan. Tadi malam (Rabu malam), sekitar pukul 20.30 WIB terjadi black out sistem isolated kelistrikan pulau Bengkalis dengan indikasi tidak terbaca, baik itu di Gardu Hubung Hang Tuah maupun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Pangkalan Batang,” tulis Hasdedy yang diterima Johansyah melalui layanan whatsapp.

Ditambahkan Hasdedy, saat pihaknya mencoba melakukan penormalan, namun tetap tidak bisa dan operator PLTD melihat percikan Api dikubikel/panel incoming mesin Caterpillar. Operator melakukan pemadaman api dengan racun api.

Dan, imbuh Hasdedy, untuk jaga-jaga, pihaknya menghubungi Dinas Pemadam Kebakaran  Kabupaten Bengkalis untuk standby di PLTD.

Pukul 23.00 WIB api berhasil padam dan kondisi kubikel (perlengkapan  atau peralatan listrik yang berfungsi sebagai pengendali, penghubung  dan  pelindung  serta  membagi  tenaga listrik dari sumber tenaga listrik) hangus, sehingga mesin tidak bisa beroperasi semua. Sampai pagi ini kubikel dan tim perbaikan sedang menuju ke Bengkalis dari Dumai.

“Saat ini kondisi sistem kelistrikan hanya 4,5 megawatt. Dengan kondisi ini, kami terpaksa melakukan pemadaman bergilir sesuai kemampuan. Kami berupaya perbaikan secepatnya. Semoga tidak ada kendala dan sistim kelistrikan pulau Bengkalis cepat pulih seperti biasa,” pungkas Hasdedy. #DISKOMINFOTIK