Tidak Lagi Minta Secara Manual:

Sejak Awal September 2018 Rujukan dari Puskesmas atau FKTP ke RSUD Bengkalis Sudah Online

Teks foto: Petugas medis melakukan pendataan pasien secara online (ilustrasi)

BENGKALIS – Supaya tidak terjadi komplain atau keluhan, rasanya informasi yang satu ini penting atau bahkan sangat penting untuk diketahui masyarakat.

Pasalnya, terhitung awal bulan ini, tepatnya 1 September 2018, rujukan dari Puskesmas atau FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) ke RSUD Bengkalis tidak lagi dilakukan secara manual. Tetapi dengan cara-cara digital, menggunakan teknologi komunikasi dan informasi.

“Terhitung 1 September lalu, rujukan dari Puskesmas atau FKTP ke RSUD Bengkalis sudah dilakukan secara online,” jelas Wakil Direktur Bidang Pelayanan RSUD Bengkalis, Rita Puspita, Kamis, 20 September 2018.

Perempuan berhijab dan berkacama mata ini memaparkan itu ketika memberikan arahan usai senam kesegaran jasmani di lapangan pasir Taman Andam Dewi, Bengkalis, pagi tadi.

Katanya, selama ini secara manual dimana pasien minta rujukan tertulis ke Puskesmas atau FKTP lalu di bawah ke RSUD Bengkalis.  

“Namun, sejak 20 hari hari lalu cara-cara manual tersebut sudah tidak dilakukan lagi. Sekarang rujukan dari Puskesmas atau FKTP sudah online,” ulang Rita Puspita.

Karenanya, bagi masyarakat di daerah ini yang dirujuk ke RSUD Bengkalis, terlebih dahulu harus minta rujukan secara online kepada Puskesmas atau FKTP. Sekarang langsung dirujuk secara online oleh Puskesmas atau FKTP.

“Oleh karena itu, kepada masyarakat yang ingin dirujuk (berobat) ke RSUD Bengkalis terlebih dahulu meminta rujukan online di Puskesmas atau FKTP sesuai dengan kartu BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang dimiliki,” saran Rita Puspita. #DISKOMINFOTIK