Bersama Masyarakat, Fankebtan Partisipasi Semarakan Idul Adha dan HUT RI

Teks foto: Fankebtan Partisipasi Semarakan Idul Adha dan HUT RI

BENGKALIS – Sempena menyemarakan Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah dan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, Forum Anak Kecamatan Bantan (Fankebtan) mengikuti beberapa rangkaian kegiatan masyarakat di desa-desa.

“Beberapa hari ini kita bergabung dengan masyarakat, khususnya dengan pemuda untuk menyemarakan Hari Raya Idul Adha dan HUT ke73 RI. Alhamdulillah, respon dari masyarakat setempat sangat baik,” ungkap Ketua Fankebtan, Restia Aumalia Husna, melalui layanan WhatsApp, Jumat 24 Agutus 2018.

Diantara kegiatan yang dilaksanakan, pada Selasa 21 Agustus 2018, satu hari jelang Idul Adha. Saat itu, pengurus mengikuti kegiatan masyarakat Desa Resam Lapis, yang saat itu tengah bergotong royong membuat miniatur masjid untuk persiapan pawai takbir.

Momentum itu dimanfaatkan Restia Aumalia Husna untuk memperkenalkan apa itu Fankebtan. Awalnya masyarakat khususnya pengurus musholla tidak tahu apa itu forum anak, lalu salah satu anggota memberitahu apa itu forum anak serta fungsi dan tujuan.

Setelah menjelaskan tentang apa itu Fankebtan. Lantas Restia Aumalia Husna dan kawan-kawan, minta izin agar Fankebtan bisa ikut serta dalam pawai Idul Adha kepada pengurus Musholla Al Muslihin. Yang saat itu diikuti oleh masyarakat dari Dusun Resm, Dusun Lapis dan Dusun Lapis Timur.

“Alhamdulillah, kami diizinkan untuk berpartisipasi dalam pawai takbir. Kebetulan saat itu ada juga pembina Fankebtan Khairul Nizam,” ujar Restia Aumalia Husna.

Selanjutnya, pada Kamis 23 Agustus 2018, Fankebtan bersama mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Desa Berancah, berpartisipasi menyukseskan berbagai kegiatan menyemarakan HUT ke-73 RI, seperti lomba pesta rakyat.

Berbagai lomba yang diikuti anak-anak dan bola dangdut bapak-bapak di Lapangan Berancah.

“Pesan dari kakak mahasiswa KKN di Desa Berancah,  jalankan peran organisasi mu dengan baik, karena daerah khususnya Bantan dan Berancah, masih banyak anak-anak yang belum mendapatkan hak-hak nya. Tidak pandang itu hal kecil atau besar yang penting itu memiliki dampak positif bagi anak-anak," ungkap Restia.

Pada hari yang sama, Fankebtan juga nyimbrung bersama pemuda-pemudi Dusun Penowo Babon Desa Selatbaru, yakni membantu membungkus hadiah untuk pesta rakyat.

“Sebenarnya, acara puncuk pesta rakyat digelar pada Sabtu dan Minggu. Tapi karena pengurus Fankebtan ada kesibukan, sehingga tidak bisa berpartisipasi dalan pesta rakyat itu, makanya kami membantu membungkus hadiah,” ujar Restia.

Meskipun demikian pada malam harinya, pengurus Fankebtan bertandang di rumah Ketua Karang Taruna, om Ipul. Kehadirannya untuk sosialisasi tentang keberadaan Forum Anak kepada pemuda dan masyarakat. #DISKOMINFOTIK