Kukuhkan 75 Orang Paskibra Kabupaten Bengkalis 2018:

Paulina Yurika dan Vabro Yunando Dipasangi Kendit Oleh Bupati Amril

Teks foto: Bupati Bengkalis Amril Mukminin ketika memasang Kendit Paulina Yurika dari dan Vabro Yunando pada pengukuhan Paskibra.

BENGKALIS – Bertempat di lapangan Tugu, Jalan Jenderal Ahmad Yani, malam ini, Rabu, 15 Agustus 2018, Pemerintah Kabupaten Bengkalis, menggelar pengukuhan 75 orang anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra).

Pengukuhan Paskibra yang terdiri dari 40 putra dan 35 putri langsung dipimpin Bupati Bengkalis, Amril Mukminin selaku inspektur upacara. Sedangkan Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, H Anharizal, bertindak sebagai perwira upacara.

Secara simbolis pengukuhan bagi siswa-siswi terbaik dari berbagai Sekolah Menengah Atas sederajat di kabupaten dengan 136 desa dan 19 kelurahan ini, ditandai dengan pemasangan kendit oleh Bupati Amril.

Pemasangan kendit tersebut dilakukan Bupati Amril kepada dua orang perwakilan Paskibra. Dua anggota Paskibra yang mendapat kehormatan kenditnya langsung dipasangkan oleh orang nomor satu di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini adalah Paulina Yurika dari Kecamatan Bantan dan Vabro Yunando dari Kecamatan Bengkalis.

Dipandu Paskibra dari Kecamatan Mandau Agus Sefrizon Sitompul sebagai pembaca ikrar, adapun isi ikrar yang mereka ucapan adalah janji untuk selalu setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Tak hanya itu, ke-75 Paskibra itu juga berjanji memegang teguh serta menerapkan nilai-nilai luhur bangsa. Setia kepada Pancasila sebagai dasar negara Indonesia.

Selanjutnya dalam kondisi gelap tanpa penerangan dilakukan proses cium bendera Merah Putih oleh setiap Paskibra. Prosesi ini diiringi sejumlah lagu wajib nasional seperti Gugur Bunga, Syukur, dan Indonesia Pusaka.

Acara pengukuhan ke-75 Paskibra tersebut diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang didahului dengan pembacaan doa serta menyanyikan lagu Padamu Negeri.

Sebelum meninggalkan tempat pengukuhan, Bupati Amril dan rombongan mendapat suguhan atraksi yel-yel yang memukau dari 75 anggota Paskibra yang akan mengikarkan bendera Merah Putih pada Hari Ulang Tahun ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, Jum’at lusa, 17 Agustus 2018.

Selain Ketua Tim Penggerak PKK, Kasmarni, hadir pada pengukuhan Paskibra tersebut Sekretaris Daerah, H Bustami HY dan istri yang juga Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Bengkalis, Hj Akna Juita. Kemudian, Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Asisten Administrasi Pembangunan H Heri Indra Putra, dan Asisten Administrasi Umum H TS Ilyas, sejumlah Kepala Perangkat Daerah serta Pejabat Administor dan Pengawas di Pemkab Bengkalis.

Ketua Majelis Kerapatan Adat LAMR Kabupaten Bengkalis Riau H Zainuddin Yusuf, Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, Wakapolres Bengkalis Kompol Ade Zamra, Plt Kasdim 0303/Bengkalis yang juga Danramil 01/Bengkalis, Mayor Irwan, juga tampak hadir.

Selain itu, para orang tua anggota Paskibra juga diundang untuk hadir. Mereka langsung dapat menyaksikan proses pengukuhan putra-putri mereka dari tenda sebelah kanan tenda utama.

Beberapa orang tua bahkan terlihat berkaca-kaca menyaksikan anaknya dikukuhkan sebagai anggota Paskibra tingkat Kabupaten Bengkalis tahun 2018. #DISKOMINFOTIK