Senin Pagi Ini Upacara Peringatan Harkitnas ke-110 Ditaja di Halaman Kantor Bupati Bengkalis

Teks foto: Petugas pengibar bendera Merah Putih untuk upcara peringatan Harkitnas ke-110 tahun 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis saat mengadakan latihan, Ahad petang, 20 Mei 2018.

BENGKALIS – Menindaklanjuti Keputusan Menteri Komunikasi dan Informatika, pagi ini, Senin, 21 Mei 2018, upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-110 tahun 2018 tingkat Kabupaten Bengkalis, akan digelar.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, upacara dalam rangka memperingati hari lahirnya Boedi Oetomo pada 20 Mei 1908 itu tidak dipusatkan di lapangan Tugu Bengkalis. Tetapi di halaman kantor Bupati Bengkalis, Jalan Jenderal Ahmad Yani No 070 Bengkalis.

Dan tidak juga seperti tahun-tahun sebelumnya, pada upacara peringatan Harkitnas ke-110 tahun 2018 ini, para pelajar dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang biasa juga diikutsertakan, dipastikan tidak akan ambil bagian.

“Pada upacara peringatan Harkitnas ke-110 tahun 2018 ini para pelajar tersebut memang tidak diikutkan. Karena pada saat bersamaan dimulainya Evaluasi Belajar Kenaikan Kelas (EBKK),” jelas Asisten Perekonomian dan Pembangunan, H Heri Indra Putra, usai memimpin rapat persiapan, Selasa, 15 Mei 2018 lalu.

Ditambahkan Heri Indra Putra, pada peringatan Harkitnas ke-110 tahun 2018 ini, peserta uapacara hanya pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, TNI dan Polri.

Masih menurut Heri Indra Putra, usai upacara di halaman kantor Bupati Bengkalis, acara dilanjutkan dengan ziarah rombongan ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Kesatria Bengkalis.

“Sesuai daftar pejabat upacara yang disampaikan Bagian Umum Sekretariat Daerah Bengkalis, Bupati Bengkalis dijadwalkan langsung menjadi inspektur upacara Harkitnas ke-110. Sedangkan cadangan inspektur upacara Sekretaris Daerah Bengkalis,” imbuhnya.

Masih menurut daftar pejabat upacara yang disampaikan Bagian Umum Sekretariat Daerah selaku penanggungjawab pelaksanaan upacara, bertindak selaku pemimpin upacara adalah Kapten (Inf) Mudhoyo Sancoko dari Kodim 0303/Bengkalis.

Selain sebagai pemimpin upacara, Mudhoyo Sancoko juga bertindak sebagai perwira upacara saat ziarah rombongan di Taman Makam Pahlawan Kesuma Kesatria Bengkalis.

Pejabat upacara lainnya, diantaranya Pelaksana Tugas Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfotik) Kabupaten Bengkalis, Johansyah Syafri, sebagai perwira upacara di halaman Kantor Bupati Bengkalis.

Sementara untuk pembaca naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 adalah Kepala Seksi Kepala Seksi Penyediaan Konten Lintas Sektoral dan Pengelolaan Media Komunikasi Publik Bidang Sumber Daya Komunikasi dan Informasi Diskominfotik, Darmawanto.

Mengutip undangan yang disamapikan Bagian Umum ke masing-masing Perangkat Daerah, pakaian peserta upcara untuk pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis, khususnya untuk Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator (eselon II dan III) adalah PSR (Pakaian Sipil Resmi). Sedangkan pegawai lainnya adalah Pakaian Korpri Lengkap. Sementara untuk tenaga honorer Pakaian Dinas Harian.

Adapun peserta ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kesuma Kesatria, hanya untuk pejabat eselon II dan III. Koordinator ziarah rombongan ini adalah Dinas Sosial Kabupaten Bengkalis.

Hingga Ahad petang kemarin, 20 Mei 2018, berbagai persiapan upacara sudah dipersiapan Diskominfotik selaku koordinator pelaksana. Seperti pemasangan baliho dan dekorasi tempat upacara.

Begitu juga sembilan orang anggota Purna Paskibraka Kabupaten Bengkalis yang bakal bertugas mengibarkan bendera Merah Putih. Demi suksesnya cara dan meskipun tetap menjalankan puasa di bulan suci Ramadhan, petang kemarin mereka tetap antusias menggelar latihan.

“Alhamdulillah, segala persiapan upacara sudah selesai. Mudah-mudahan Senin pagi besok tidak hujan lebat seperti Ahad pagi, sehingga upacara peringatan Harkitnas dapat diselenggarakan sesuai rencana,” jelas Johansyah Syafri, di sela-sela peninjauan persiapan upacara di halaman Kantor Bupati Bengkalis, petang Ahad, kemarin. #DISKOMINFOTIK.