Pencarian

PIK-R Pelita Harapan Sungai Alam Go To School 2017 ke SMP Negeri 12 Bengkalis

BENGKALIS – Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R) Pelita Harapan Desa Kuala Alam Kecamatan Bengkalis bersama Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB), Jum’at kemarin siang, 24 November 2017, melaksanakan kunjungan ke SMP Negeri 12 Sungai Alam.

Kunjungan yang dikemas dalam kegiatan “PIK-R Pelita Jalur Masyarakat Go To School” yang dihadiri puluhan siswa-siswi kelas VIII dan perwakilan majelis guru SMP Negeri 12 itu dalam rangka sosialisasi program di Bidang Ketahanan Remaja.

Kepala Disdalduk dan KB, H Suheiry Zein, yang diwakili Kepala Seksi Bina Ketahanan Remaja, Supartono, menyambut baik kunjungan yang diinisiasi PIK-R Pelita Harapan tersebut.

Diingatkan Supartono, generasi muda yang saat ini berusia remaja dibebani tanggung jawab besar. Tanggung jawab tersebut bukan hanya untuk diri mereka sendiri, melainkan untuk keluarga, daerah dan bangsa dan negara.

Karena itu, Supartono mengajak seluruh siswa/siswi SMP Negeri 12 untuk menjadi Generasi Berencana (GenRe). Generasi yang sejak dini dapat mempersiapkan diri untuk meraih masa depan yang lebih baik.

Kata Supartono, PIK-R adalah salah satu wadah yang dikembangkan dalam program GenRe, untuk memberikan pelayanan informasi dan konseling tentang pendewasaan usia perkawinan, delapan fungsi keluarga, TRIAD KRR (seksualitas, HIV dan AIDS serta Napza), keterampilan hidup (life skills), gender dan keterampilan advokasi dan KIE.

PIK-R, imbuhnya, merupakan suatu kegiatan yang dikelola, dari, oleh, dan untuk remaja supaya memberikan pelayanan informasi dan konseling yang bermanfaat mengenai rencana kehidupan berkeluarga remaja.

PIK-R bertujuan umumnya untuk memberikan informasi yang bermanfaat untuk para remaja seperti tentang informasi penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja (PKBR) dan pendewasaan usia perkawinan

Masih kata Supartono, PIK-R diperlukan karena merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam kehidupan remaja di masa sekarang dan di masa depan. Hal tersebut dikarenakan remaja adalah generasi penerus daerah dan bangsa yang diharapkan untuk mengubah kehidupan yang lebih baik.

“Apabila remaja di suatu daerah dan bangsa dapat mengubah bangsa ke arah yang lebih baik, maka bangsa tersebut akan menjadi daerah dan bangsa yang memiliki generasi-generasi penerus yang hebat,” Supartono, mengingatkan agar kegiatan kunjungan seperti ini dapat dilakukan secara berkesinambungan ke sekolah lain.

Kepala Sekolah SMP Negeri 12 Sungai Alam Hj Rosmanidar yang diwakili Syafrizal, sangat mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang tak terhingga atas prakarsa dan ide yang luar biasa dalam penyelenggaraan kunjungan PIK-R Pelita Harapan tersebut.

“Semoga ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini lebih digalakkan lagi, karena selain dapat mempererat hubungan silaturahmi dan ukhuwah, juga bisa memberikan pembinaan kepada para siswa-siswi di SMP Negeri 12 ini,” harap Syafrizal.

Syafrizal menambahkan, kegiatan PIK-R ini penting adanya. Dia berharap peran serta PIK-R bisa merangkul seluruh siswa dalam pengembangan karakter dan jati diri.

Syafrizal juga berharap, para pelajar di SMP Negeri 12 bisa ambil bagian secara aktif dalam kegiatan-kegiatan PIK-R.

Pada acara yang di pusatkan di Gedung Serba Guna SMP Negeri 12 Sungai Alam itu, Supartono juga menyerahkan cendramata dari PIK-R Pelita Harapan kepada pihak sekolah.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut Kasi Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan BKB dan BKL Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Wiwik Hadayati serta Penyuluh Lapangan KB Kecamatan Bengkalis Dian Kurnia Sari dan Alhuda Julianti. #DISKOMINFOTIK.

Tim Redaksi