Pencarian

Saat Sosialisasi di Kuala Alam:

Kadis Dalduk dan KB Berharap PD dan Kecamatan Dukungan Kampung KB

BENGKALIS -- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Disdalduk dan KB), H Suheiry Zein berharap, Perangkat Daerah (PD) terkait dan kecamatan memberikan dukungan dan berpartisipasi sepenuhnya serta menjadikan Kampung KB sebagai sasaran program kegiatan yang dilaksanakan.

“Kita sudah surati pihak kecamatan dan PD terkait untuk mendukung dan berpartisipasi terhadap  Kampung KB dengan menjadikan Kampung KB sebagai lokasi sasaran program PD, sehingga apa yang menjadi tujuan utama dalam mensejahterakan masyarakat dapat terwujud,” harap Suheiry.

Melalui Kasi Advokasi dan Penggerakan pada Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan, Resmauli Lumban Gaol, harapan itu disampaikannya ketika melakukan sosialisasi dan pembinaan Poktan (kelompok kegiatan) Kampung KB di Desa Kuala Alam, Kecamatan Bengkalis, Rabu, 8 November 2017, minggu lalu.

Adapun program-program yang perlu dukungan PD dan pihak kecamatan di Kampung KB, kata Resmauli, diantaranya BKB (Bina Keluarga Balita), BKL (Bina Keluarga Lansia), BKR (Bina Keluarga Remaja), UPPKS (Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera) dan PIK-R (Pusat Informasi dan Konseling Remaja).

Di bagian lain, Resmauli menjelaskan, ke depan, kegiatan pembinaan di Kampung KB seperti di Desa Kuala Alam ini bakal dilakukan Disdalduk dan KB 2 bulan sekali.

Sementara itu, ketika membuka kegiatan yang diikuti 50 peserta, termasuk para kader Poktan yang dilaksanakan di Kantor Desa Kuala Alam itu, Kepala Desa Kuala Alam, Sudi Hartono mengatakan, pihaknya siap membantu para kader-kader dalam mengembangkan program kerja masing-masing Poktan.

Kepada para kader Poktan, Sudi Hartono berharap untuk senantiasa bekerjasama dan menjaga kekompakan serta senantiasa berupaya agar Kuala Alam benar-benar dapat menjadi Kampung KB yang dapat dibanggakan.

Dalam  pembinaan Kampung KB di Kuala Alam tersebut, Disdalduk dan KB juga melaksanakan sosialisasi tentang UPPKS yang dipaparkan oleh Maria Lafina (staf Bidang Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan).

Kemudian, sosialisasi tentang Pembinaan BKB dan BKL. Materi sosialisasi kedua ini disampaikan Wiwi Hardayati, Kasi Bina Keluarga Balita dan Lansia, Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga.

Sejumlah pejabat di lingkungan Disdalduk dan KB juga hadir dalam kegiatan yang terselenggara berkat kerjasama dengan para Penyuluh Lapangan KB (PLKB) Kelurahan Bengkalis Dian Kurnia Sari dan PLKB Kuala Alam Alhuda Julianti tersebut, diantaranya Kasi Penyuluhan dan Pendayagunaan PLKB dan Kader KB, Deffy May Ayu. Kemudian, Kasi Bina ketahanan Remaja, Supartono dan Kasi Pengduk dan Informasi Keluarga Mirza Efendi.

Sekedar informasi, Kuala Alam merupakan salah satu dari 10 desa di Kabupaten Bengkalis yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Riau sebagai Kampung KB. Penetapan Kuala Alam sebagai Kampung KB berdasarkan Keputusan Bupati Bengkalis Nomor 285/KPTS/VI/2017. #DISKOMINFOTIK.

Tim Redaksi