Pencarian

Sempena Peringatan HKN ke-53 Tahun 2017:

Ahad Pagi, Dinas Kesehatan Bengkalis Laksanakan Senam HKN Berhadiah

BENGKALIS – Sempena peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-53 yang jatuh pada Ahad lusa, 12 November 2017, Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Kesehatan akan melaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya adalah senam HKN.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Supardi menjelaskan, senam HKN tersebut akan dilaksanakan Ahad pagi, pukul 07.00 WIB di lapangan Tugu Bengkalis.

Dikatakannya, senam HKN tersebut terbuka untuk umum. Seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali boleh mengikutinya.

“Usai senam akan diadakan pembagian doorprize (hadiah) kepada peserta. Kita jemput seluruh masyarakat untuk hadir dan mengikuti senam HKN tersebut,”  ajaknya, Jum'at siang, 10 November 2017 di Bengkalis.

Masih menurut mantan Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Bengkalis ini, selain senam HKN, dalam rangka memperingati HKN ke-53 tahun 2017 ini pihaknya juga memberikan layanan pemeriksaan tensi, gula darah dan IVA (deteksi dini kanker rahim).

Kemudian, pada saat yang bersamaan (di lapangan Tugu Bengkalis), imbuhnya, juga akan dilakukan pencanangan Germas (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) tingkat Kabupaten Bengkalis.

Menyinggung tentang Germas, Mas Pardi, begitu  dia akrab disapa menerangkan bahwa Germas merupakan gerakan nasional.

Germas ini dicanangkan, katanya, dalam rangka penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

“Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan,” jelas Mas Pardi.

Ditambahkannya, dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud Revolusi Mental.

“Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat, agar mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Mari kita budayakan hidup sehat dengan melakukan langkah kecil melalui perubahan pola hidup ke arah yang lebih sehat,” ajaknya.

Di bagian lain dan untuk menyukseskan Germas, Mas Pardi mengatakan, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

Karena itu, dia mengajak seluruh Perangkat Daerah di Pemerintah Kabupaten Bengkalis, dunia usaha, tokoh agama, akademisi, dan masyarakat, untuk memberikan dukungan, komitmen, dan peran-sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan  kemampuan hidup sehat bagi setiap orang.#DISKOMINFOTIK

Tim Redaksi