Disbudparpora Bengkalis Gelar Pelatihan Keterampilan Pemuda Kabupaten Bengkalis

Teks foto: fhoto bersama Kabid Kepemudaan Maria Lafina dengan peserta pelatihan keterampilan

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK - Dinas kebudayaan pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disbuparpora) Kabupaten Bengkalis menggelar pelatihan keterampilan bagi pemuda Kabupaten Bengkalis Tahun 2017, Jum'at (04/08/2017) malam di Hotel pantai Marina Hotel Bengkalis.

Kegiatan pelatihan keterampilan tersebut di  buka secara resmi kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bengkalis H Eduar diwakili Kepala Bidang Kepemudaan Maria Lafina.

Peserta pelatihan keterampilan pemuda diikuti sebanyak 64 orang dari 8 Kecamatan Kabupaten Bengkalis dengan mendatangkan narasumber dari jakarta, Provinsi Riau dan Bengkalis.

Dalam sambutan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bengkalis H Eduar yang dibaca Kepala Bidang Kepemudaan Disbudparpora Kabupaten Bengkalis Maria lafina mengatakan kemiskinan dan pengangguran dapat dipandang sebagai ketidakmampuan atau sebagai kekurangan kemampuan (lack of competency) dan keterampilan (skill)-untuk bekerja dan mencari nafkah menopang kehidupannya. Menyikapi persoalan kemiskinan dan pengangguran, program pelatihan keterampilan bagi pemuda terutama untuk penciptaan pekerja dan wirausahawan menjadi salah satu strategi yang diharapkan dapat mengantisipasi sekaligus mengatasi terus bertambahnya angka kemiskinan dan pengangguran.

"Pelatihan keterampilan bagi pemuda dapat dimaknai sebagai upaya pemberian kemampuan kepada warga masyarakat khususnya pemuda yang membutuhkan berbagai keterampilan sebagai bekal untuk bekerja atau berwirausaha," kata Eduar.

Sambung Eduar, salah satu upaya yang dilakukan dalam rangka untuk menanggulangi pengangguran adalah melalui pelatihan keterampilan. Karena itulah saya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini, Dalam rangka untuk lebih memaksimalkan berkembangnya kewirausahaan masyarakat khususnya pemuda di daerah kita ini.

Dikatakan Eduar lebih lanjut, masalah pengangguran adalah masalah kita dan tanggung jawab kita bersama baik pemerintah, swasta maupun masyarakat. Dari sisi tanggung jawab pemerintah, telah banyak upaya yang telah dilakukan, salah satunya adalah dengan memberikan pelatihan keterampilan kerja.

"Pemerintah Daerah tentunya juga akan selalu berupaya agar dapat lebih banyak lagi menganggarkan dana APBD untuk peningkatan kewirausahaan masyarakat di Kabupaten Bengkalis, sehingga kewirausahaan di daerah kita ini dapat terus berkembang," ujar Eduar.

Eduar juga berpesan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti pelatihan ini secara serius dan sungguh - sungguh, dengan mengikuti seluruh tahapan dan proses pelatihan. Karena pelatihan ini tentunya lebih menekankan pada pembentukan keterampilan/praktek (skill), yang kelak akan menjadi dasar keterampilan pemuda dalam berwirausaha.