Pencarian

Besok Malam, Disbudparpora Bengkalis Akan Gelar Festival Lomba Seni

BENGKALIS, DISKOMINFOTIK - Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis akan Menggelar festival lomba seni yang akan dilaksanakan pada besok malam, Rabu (02/08/2017) bertempat di Lapangan Tugu Bengkalis.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda Dan Olahraga (DIsbudparpora) Kabupaten Bengkalis H. Eduar Selasa (01/08/2017).

"Potensi musik tradisional dan kesenian daerah pada perkembagan saat ini memiliki andil yang besar, dalam mengembangkan kepariwisataan daerah Kabupaten Bengkalis khususnya dan Provinsi pada umumnya,” tambah Eduar.

Dikatakan Eduar lebih lanjut, apabila sebuah tradisi budaya itu terjaga dan terpelihara dengan baik oleh pemeritah, baru lah pemanfaatan seni budaya itu dapat dirasakan oleh masyarakat. “Kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan kembali kesenian tradisional agar disenangi dan dicintai oleh masyarakat,“ ujar Eduar.

“Melalui kegiatan ini juga sebuah upaya untuk memperkenalkan kepada masyarakat tentang keragaman kesenian tradisional daerah yang juga memiliki nilai pendidikan,” ungkap Eduar.

Sementara itu Kasi Kesenian Disbudparpora Kabupaten Bengkalis Khairani menjelaskan, adapun Kegiatan yang akan diperlombakan nantinya yaitu, lomba Kompang, Rebana, Zapin, Pantun Dan lomba Lagu Melayu.

“Kita akan terus melakukan pembinaan dan mengembangkan segala bentuk kesenian yang minim dilakukan masyarakat sekarang,”ujar khairani.

Dikatakan Khairani lebih lanjut, kami berharap melalui kegiatan lomba seni yang kita gelar ini, dapat memotivasikan masyarakat untuk menjaga kelestarian budaya dan kesenian khususnya di Kabupaten Bengkalis sepanjang zaman.



 

Tim Redaksi